Promosikan Produk Lokal Kota Batu, Festival Sego Empok Kembali Digelar

Promosikan Produk Lokal Kota Batu, Festival Sego Empok Kembali Digelar Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu, Heru Yulianto, saat memberi hadiah kepada para pemenang di Festival Sego Empok.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Festival Sego Empok kembali digelar setelah absen selama dua tahun karena pandemi . Kegiatan ini berlangsung di halaman Balai Kota Among Tani, Kota , Kamis (1/12/2022). 

Agenda bertajuk 'Penganekaragaman Pangan Lokal Dukung Ketahanan Pangan Nasional' itu diadakan untuk memanfaatkan produk pangan lokal sebagai dukungan di saat krisis pangan dunia saat ini.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota , Heru Yulianto, menjelaskan bahwa festival yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota dan HUT PKK Kota ini diikuti oleh 26 kelompok yang terdiri dari 24 desa/kelurahan, pihaknya, serta SMKN 1 .

“Festival ini kami selenggarakan setiap tahunnya untuk mempromosikan produk pangan lokal kepada generasi muda dan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota , Zadim Efisiensi, dalam membacakan sambutan wali kota menyebut festival ini ditujukan untuk melestarikan makanan khas lokal dan memperkenalkannya ke generasi muda.

Menurut dia, sego empok menjadi tradisi wajib bagi dalam menjamu tamu-tamunya yang datang dari luar kota. Di mana hal ini diharapkan dapat menjadi ciri khas Kota , karena masih erat dengan makanan tradisional berbahan hasil bumi masyarakat Kota .

“Sego empok memiliki keseimbangan gizi yang bagus untuk tubuh. Semoga Festival Sego Empok 2022 ini mampu memacu minat masyarakat untuk minat memakan masakan warisan budaya lokal yang bergizi dan bercitarasa,” kata  Zadim.

Untuk menambah kemeriahan festival sego empok di tahun berikutnya, Zadim menyarankan agar nantinya diadakan lomba membuat sego empok. Sementara itu dalam festival kali ini, dipilih lima sajian sego empok terbaik, yaitu dari Desa Beji, Pandanrejo, Sumberejo, Sumbergondo, dan Junrejo. (adi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Detik-Detik Warga Desa Lokki Maluku Nekat Rebut Peti Jenazah Covid-19':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO