Bupati Gresik Dukung Inovasi Desa Mandiri Membangun Kawasan Ekonomi

Bupati Gresik Dukung Inovasi Desa Mandiri Membangun Kawasan Ekonomi Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, saat launching Icon Buyos dan Ground Breaking Sport Center Desa Yosowilangun. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab mendukung penuh upaya sejumlah pemerintah desa berstatus mandiri dalam pengembangan inovasi, serta pembangunan kawasan ekonomi. Saat ini, jumlah Desa Mandiri di Kota Pudak berada di angka 153 daerah.

Hal tersebut merupakan terbanyak kedua di Jawa Timur dan di Indonesia berdasarkan hasil survei Indeks Desa Membangun tahun 2022. Dari jumlah itu, ada 10 Desa Mandiri di yang menerima Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Desa Berdaya dari Pemprov Jatim.

Dalam sepekan ke depan, bakal dilaunching icon dan program desa tersebut oleh Pemprov Jatim serta Pemkab . Ke-10 desa itu adalah, Yosowilangun dan Sukomulyo di Kecamatan Manyar; lalu Desa Giri di Kecamatan Kebomas; Desa Domas di Kecamatan Menganti; Desa Raci Wetan di Kecamatan Sidayu; dan Desa Melirang, Kecamatan Bungah.

Kemudian, Desa Cerme Kidul, dan Desa Cerme Lor di Kecamatan Cerme, dan Desa Balongpanggang serta Kedungpring di Kecamatan Balongpanggang. Pemkab  tengah berupaya secara simultan melakukan pengembangan dan pemberdayaan 330 desa dengan rincian 153 desa berkategori , 156 desa maju, dan 21 desa berkembang.

"Pengembangan dan pembangunan desa-desa di Kabupaten mesti melibatkan semua pihak. Diharapkan bisa bersinergi dengan Nawa Karsa yang jadi panduan gerak langkah pemkab dalam membangun diri. Desa-desa Mandiri mesti semakin berdaya, 21 desa berkembang insya Allah 2023 bisa naik status semuanya," kata Bupati , Fandi Ahmad Yani, Senin (5/12/2022).

Ia menyatakan, pihaknya kini tengah mengupayakan perencanaan dan pengembangan, serta pembangunan desa-desa di bisa mensinergikan sebanyak mungkin sektor.

"Ke depan perencanaan, pengembangan, dan pembangunan desa seyogyanya bisa melibatkan sejumlah pihak dengan bersinergi secara solid, baik birokrasi, perguruan tinggi, media/pers serta swasta. Langkah cerdas Desa Yosowilangun menggaet investor ini mesti bisa menginisiasi desa-desa lainnya," harapnya.

Pendekatan perencanaan dan pembangunan desa yang disebut bupati itu dikenal sebagai konsep "Pentahelix", pendekatan sinergi lima sektor. Alumnus Fakultas Ekonomi Unair itu mengapresiasi langkah Pemdes Yosowilangun, Kecamatan Manyar, karena letak geografis desa yang berada di kawasan kota, justru kian memantik pertumbuhan inovasi.

"Dengan menggerakkan semua sumber daya. Bahkan, menerjemahkan program Nawa Karsa Pemkab agar bisa diakses di tingkat desa," tuturnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO