Program Jamula di Lamongan Selesai Akhir Tahun 2022

Program Jamula di Lamongan Selesai Akhir Tahun 2022 Kepala DPU Bina Marga Lamongan, Sujarwo.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab melalui dinas PU bina marga menegaskan sebanyak 41 ruas jalan sepanjang 44,45 km program Jalan Mulus (Jamula) selesai akhir tahun ini.

"Jamula merupakan program super prioritas Pemkab , kini pengerjaannya sudah 80 persen, sisanya akhir Desember tahun ini dipastikan sudah tuntas 100 persen," kata Kepala Dinas PU Bina Marga , Sujarwo, Minggu (11/12/2022).

Selain jalan, Pemkab juga membangun beberapa jembatan yang memang layak untuk direnovasi. Ia mengatakan bahwa sebenarnya pembangunan jalan sudah lama mulai dilakukan, namun karena terkendala cuaca dan kondisi akhirnya sempat tersendat.

Kendati demikian, Sujarwo optimis, sisa 20 persen pengerjaan proyek Jamula bisa tuntas akhir 2022 ini. "Dua puluh persen sisanya dalam proses penyelesaian, sehingga nanti 41 ruas akan tuntas, secara bertahap," tuturnya.

Terkait hal ini, ia berharap para kontraktor mampu menyelesaikan sesuai kontrak yang ditentukan, jika tidak maka kontraktor akan menanggung kerugian yang cukup besar. "Kalau tidak bisa menyelesaikan tepat waktu, kami tidak segan untuk Membacklis dan akan membayar sesuai uang dikerjakan saja," ucapnya.

Sujarwo menambahkan, selama pengerjaan pihaknya tidak melakukan pembayaran di muka, melainkan diberlakukan persentase yang disesuaikan dengan hasil pekerjaan. "Sampai hari ini, secara keseluruhan jalan di yang disentuh pembangunan mencapai 80 persen, Kekurangan akan dilaksanakan tahun depan," paparnya.

Masih kata Sujarwo, pada tahun 2022 Pemkab telah menganggarkan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan sebesar Rp 200 Miliar. Rincian ya sebagai berikut, Rp150 miliar untuk 41 ruas jalan dan 21 jembatan, sedangkan Rp50 miliar untuk pembebasan lahan pembangunan jalan lingkar utara.

Selain itu tambah dia, ada Rp50 Miliar untuk disalurkan ke 1.531 dusun di dengan besaran masing-masing Rp35 juta. "Ini sudah dikerjakan dan sebagai bukti nyata pemerintah hadir di tengah masyarakat, harapan ya memberikan aksesbioitas masyarakat sehingga bisa meraskan pembangunan daerah, " ucap Sujarwo

Sementara itu, Bupati , Yuhronur Efendi, menyebut pemerataan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan dalam program super prioritas Pemkab akan segera terselesaikan .

"Saya akan terus mengawal secara intens dan memastikan program tersebut dikerjakan dengan baik, sehingga bisa dirasakan masyarakat," pungkasnya. (qom/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO