Komando Gubernur Khofifah Antarkan Jawa Timur Raih Penghargaan dari Kemenaker

Komando Gubernur Khofifah Antarkan Jawa Timur Raih Penghargaan dari Kemenaker

PALANGKARAYA, BANGSAONLINE.com - Jawa Timur meraih penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) tahun 2021 dengan skor 62.15 pada kategori urusan ketenagakerjaan besar terbaik kedua dari Kementerian Ketenagakerjaan (). 

Di bawah komando Indar Parawansa, Jawa Timur dinilai sukses meningkatkan pembangunan ketenagakerjaan. Penghargaan tersebut berdasarkan pada hasil pengukuran IPK sejak 2017 menggunakan metodologi berbasis SDGs dan menggunakan aplikasi berbasis web dalam laman ini.

Apresiasi diserahkan langsung oleh Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, kepada gubernur yang diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Jatim, Himawan Estu Bagijo, di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

Oleh karena itu, mengungkapkan rasa syukurnya dan berterima kasih kepada seluruh stakeholder ketenagakerjaan di Jawa Timur mulai dari kalangan dunia industri, para pelaku usaha, hingga pekerja yang terus menjaga iklim pembangunan ketenagakerjaan dengan baik dan produktif.

Melalui penghargaan ini, gubernur perempuan pertama di Jatim itu bertekad untuk terus berupaya mendorong peningkatan iklim investasi, serta mengoptimalkan perluasan kesempatan kerja pada wilayah yang ia pimpin.

"Saya mengajak dunia industri, para pengusaha dan pekerja untuk mendorong terciptanya iklim investasi sehingga perluasan kesempatan kerja di Jatim bisa terus terjaga dengan baik dan kondusif," ujarnya saat kunjungan ke Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Rabu (14/12/2022).

Menurut dia, salah satu indikator diperolehnya penghargaan IPK di antaranya meningkatnya kesadaran pemerintah daerah akan pentingnya perencanaan ketenagakerjaan. Penguatan kelembagaan serta indikator Hubungan Industrial dan Kondisi Lingkungan Kerja yang mengalami peningkatan di Jatim.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO