250 Pecatur Rebutkan Piala Bupati Kediri

250 Pecatur Rebutkan Piala Bupati Kediri Para pecatur saat berlaga untuk memperebutkan Piala Bupati Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kejuaraan Catur 2022 digelar dalam rangka memperebutkan Piala Bupati . Kegiatan ini diadakan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten dan diikuti 250 peserta, baik kategori umum maupun pelajar.

"Menindaklanjuti arahan dan program Bupati Hanindhito Himawan Pramana dalam memajukan olahraga, Percasi berkomitmen untuk menggelar kejuaraan catur secara rutin setiap tahunnya. Kejuaraan Catur 2022 merupakan event kedua setelah sebelumnya diadakan pada Desember 2021," kata Ketua Percasi Kabupaten , Randy Agatha, Sabtu (24/12/2022).

Ia menjelaskan, Kejuaraan Catur 2022 dibagi dalam empat kelas, yakni kelas SD mulai kelas 1-3, kelas 4-6, kelas SMP/SMA, dan kelas umum. Khusus untuk kalangan pelajar yang berjumlah 175 peserta, wajib berasal dari Kabupaten .

Randy mengatakan bahwa melalui kejuaraan ini, pihaknya pun menjaring bakat dan potensi atlet catur lokal dari Bumi Panjalu. Hasil dari ajang itu, khusus untuk kelas pelajar nantinya akan ditindaklanjuti dengan kegiatan pembinaan dan pelatihan secara intensif untuk bisa diikutkan dalam level kejuaraan lebih tinggi, tak hanya tingkat provinsi diharapkan bisa ke level nasional bahkan internasional.

"Ini upaya yang kita lakukan, dan dengan dukungan penuh dari Mas Dhito (sapaan Bupati ) kita bisa kembali melaksanakan event ini," ucapnya.

Untuk meramaikan piala bupati pecatur dari kategori umum diperbolehkan datang dari luar Kabupaten . Dari 75 pecatur kategori umum yang mengikuti kejuaraan itu, enam pecatur merupakan atlet nasional, dua diantaranya menyandang gelar fide master (FM).

Para pecatur yang berhasil menjadi pemenang dalam kejuaraan itu akan menerima piala bupati dan total hadiah mencapai Rp20 juta. Diyakini Randy, yang digelar itu bagi para pecatur sebagai ajang untuk meningkatkan kualitas dan juga mental.

"Melalui event kejuaraan ini, kita siapkan kualitas para atlet, harapan kami event semacam ini ke depan bisa diadakan di tingkat lokal mulai kecamatan," pungkasnya.

Bupati Hanindhito Himawan Pramana mengapresiasi terselenggaranya kembali di Kabupaten . Melalui penjabat Sekda Adi Suwignyo dalam pembukaan kejuaraan disampaikan, sebagaimana dalam visi misi ke-8 pengembangan seni budaya, pemuda dan olahraga, semua bidang olahraga terus disuport dan diharapkan mampu memunculkan atlet-atlet berprestasi.

"Kemarin juga diadakan kejuaraan bulu tangkis memperebutkan piala bupati, alhamdulilah telah selesai lancar dan berhasil menjaring atlet muda bulu tangkis dan sekarang digelar kembali kejuaraan catur," ungkapnya. (tia/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO