9 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia yang Harus Dikunjungi saat Liburan

9 Kebun Binatang Terbaik di Indonesia yang Harus Dikunjungi saat Liburan Salah satu pertunjukan yang ditampilkan di Kebun Binatang Surabaya. (foto: IG kebunbinatangsurabaya)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kebun binatang memang menjadi salah satu destinasi wisata yang seru dan menyenangkan untuk dikunjungi saat liburan bersama keluarga.

Selain mengajarkan anak-anak tentang dunia hewan dan juga alam liar, berwisata ke juga dapat membangun kepedulian kita untuk melestarikan alam.

Indonesia sendiri memiliki banyak sekali yang bisa menjadi rekomendasi saat menghabiskan momen akhir pekan bersama keluarga. Berikut 9 terbaik di Indonesia yang harus dikunjungi saat liburan.

1.

merupakan tempat wisata dan konservasi satwa modern yang terletak di Jalan Oro-Oro Ombo 9, Temas, Kota Batu, Jawa Timur. Di lahan seluas 14 hektar, wisatawan dapat melihat dari dekat berbagai satwa yang habitatnya tersebar di seluruh dunia, dari padang gurun Afrika, hutan tropis Asia, hingga dasar Samudera Pasifik.

Tempat wisata yang populer ini memiliki sejumlah koleksi, antara lain Caroline Duck, Babi Hutan Afrika, Sulcata Tortoise, Sitatunga, Bear Cuscus, hingga Oriental Small-Clawed Otter.

juga melanjutkan program pelestarian hewan dilindungi dunia seperti satwa Snow Leopard.

Konsep yang terdapat pada wisata ini dipadukan dengan edukasi dan pengetahuan. Pengunjung yang datang tidak hanya bisa berfoto, namun mendapatkan pengetahuan tentang hewan. Tak ayal, ini menjadi objek wisata favorit ketika momen liburan datang.

2.

adalah salah satu terbesar selain Bali safari and Marine Park. Berada di Singapadu, Bali Zoo mempunyai koleksi lebih dari 500 hewan dari seluruh belahan dunia. Dari orang utan, gajah sumatera, harimau bengal, beruang, hingga singa Afrika, menjadikannya wisata yang sempurna bagi keluarga untuk mengenal satwa liar lebih dekat.

Lokasi cukup berdekatan dengan pariwisata Ubud, sehingga ketika anda liburan ke daerah ini lebih mudah untuk mengagendakan tour dengan tujuan tempat wisata yang searah.

Terdapat sejumlah pertunjukan yang dapat Anda ikuti sepanjang hari, termasuk aktivitas memberi makan hewan secara interaktif.

Berbagai atraksi menarik lainnya juga tersedia di , seperti Night at the Zoo untuk melihat pola tingkah satwa setelah matahari terbenam.

3.

merupakan rumah bagi 1.000 ekor burung dari 250 spesies yang ada di seluruh dunia. Anda bisa menjelajahi wisata yang dibagi per wilayah asal burung, seperti Afrika, Amerika Selatan, Borneo, hingga Papua. Berbagai koleksi bisa anda temui di seperti kakatua, macaw, pelikan, dan masih banyak burung lain seperti di habitat alaminya.

Selain menjadi destinasi favorit di Bali, taman burung ini juga memainkan peran penting dalam melestarikan dan melindungi satwa liar Indonesia yang terancam punah.

telah berhasil menjadi tempat pengembangbiakan banyak spesies burung, termasuk Pesquet's Parrot yang langka.

Berbagai acara juga ditawarkan , salah satunya menyaksikan atraksi hewan yang menampilkan keahlian tiap burung, dari elang yang mengejar mangsanya hingga sepasang rangkong dan kakatua yang bertingkah menghibur pengunjung.

4.

Park adalah tempat wisata yang menawarkan momen petualangan dan juga edukasi yang menyenangkan.

Objek wisata yang satu ini mengoleksi lebih dari 100 spesies hewan termasuk spesies langka dan hampir punah, seperti Orang utan, Jalak Bali, dan Komodo.

Selain modern dan menarik untuk dikunjungi, tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata anak di Bali yang cocok sebagai wisata edukasi tentang dunia hewan.

berada di garis depan perlindungan dan pelestarian satwa liar di Indonesia. Selain itu, wisata ini juga secara aktif terlibat dalam memastikan kesejahteraan dan kelangsungan hidup banyak spesies hewan Indonesia di masa depan.

Fasilitas yang ditawarkan pun sudah beragam dan memadai. Mulai dari toilet, area parkir, sewa stroller, ruang menyusui, toko souvenir, hingga restoran.

5. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya (KBS) atau yang biasa disebut Bonbin adalah salah satu yang populer di Indonesia dan terletak di Surabaya. Tempat wisata yang satu ini merupakan yang pernah terlengkap se-Asia Tenggara, di dalamnya terdapat lebih dari 230 spesies satwa yang berbeda dari 2179 ekor satwa. Termasuk di dalamnya hewan langka Indonesia maupun dunia yang terdiri dari Aves, Reptilia, Mamalia, dan Pisces.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO