BRIN Sebut Potensi Badai Dahsyat di Jabodetabek

BRIN Sebut Potensi Badai Dahsyat di Jabodetabek Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Sebut Potensi Badai Dahsyat di Jabodetabek. Foto: Ist

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Erma Yulihastin selaku peneliti dari Badan Riset dan Inovasi Nasional () menyebutkan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) berpotensi mengalami  pada 28 Desember 2022.

Erma menuliskan di akun Twitternya akan ada yang menimpa pada 28 Desember 2022.

"Siapapun Anda yang tinggal di dan khususnya Tangerang atau Banten, mohon bersiap dengan hujan ekstrem dan pada 28 Desember 2022", tulis Erma pada Senin (26/12/2022).

Erma menjelaskan terjadi dari laut yang berpindah ke darat melalui dua jalur, yakni dari barat melalui angin barat yang membawa hujan badai dari luar, dan dari utara melalui angin permukaan yang kuat.

Erma menambahkan penjelasannya bahwa badai akan terjadi dari siang hingga malam pada hari Rabu (28/12/2022) khususnya lokasi sentral di Banten dan Jakarta-Bekasi.

Hujan juga akan meluas ke wilayah Jawa bagian barat karena adanya konvergensi secara masif.

"Konvergensi di darat juga akan terjadi secara masif sehingga hujan persisten pada 28 Desember 2022 akan terjadi meluas, menjangkau wilayah lain di Jawa bagian barat", tutur Erma.

Sebelumnya, Dwikorita Karnawati selaku Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika () menyampaikan bahwa puncak musim hujan diprediksi terjadi mulai Minggu (25/12/2022).

Beberapa wilayah di Indonesia akan menghadapi seperti hujan lebat pada 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023. Dwikorita menjelaskan potensi tersebut dipicu oleh beberapa anomali cuaca yang terjadi. (ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO