Disambut Mahasiswa Al Azhar, Tiba di Kairo Kiai Asep Langsung Silaturahim ke Syaikh Muhanna

Disambut Mahasiswa Al Azhar, Tiba di Kairo Kiai Asep Langsung Silaturahim ke Syaikh Muhanna Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA saat memberikan cendera mata berupa lukisan kepada Prof Dr Syaikh Muhammad Abdul Shomad Muhanna di kediamannya, Kairo, Mesir, Ahad (8/1/2023) malam. Foto: MMA/BANGSAONLINE

KAIRO, BANGSAONLINE.com - Tiba di Bandar Udara Internasional Mesir, Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim dan rombongan, langsung diserbu puluhan mahasiswa Universitas Al Azhar Mesir asal Indonesia, Ahad (8/1/2023). Mereka berebut mencium tangan Kiai Asep.

Sebagian besar mahasiswa itu adalah alumni Pondok Pesantren Amanatul Ummah Surabaya dan Pacet Mojokerto Jawa Timur. Di antara para mahasiswa itu tampak Gus Sayid dan Ning Ria, putra-putri Kiai Asep yang sedang kuliah di Universitas Al Azhar Mesir. Tampak juga Rais Syuriah PCI NU Mesir, KH Muchlason.

Para mahasiswa Universitas Al Azhar Mesir asal Indonesia saat menjemput Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim dan rombongan di Bandara Internasional Mesir, Ahad (8/1/2023). Foto: BANGSAONLINE

Kiai Asep dan rombongan tiba di Bandara Internasional Mesir sekitar pukul 15.00 waktu setempat. Kiai Asep bertolak dari Jeddah Saudi Arabia sekitar pukul 13.45. Kiai Asep memang mengawali perjalanan ke beberapa negara Timur Tengah dengan Umroh lebih dulu bersama 100 jemaah umroh Amanatul Ummah.

Namun, Kiai Asep hanya sampai hari keenam di tanah suci kemudian melanjutkan perjalanan ke Mesir. Sementara para jemaah Umroh terus melanjutkan ibadahnya dan ziarah ke situs-situs Islam bersejarah dengan dibimbing Gus Ilyas, salah seorang putra Kiai Asep, didampingi Ustadz Amir, Shodiq dan Nafik.

Prof Dr Syaikh Muhammad Abdul Shomad Muhanna saat menerima kedatangan Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, dan rombonngan di kediamananya di Mesir. Foto: MMA/BANGSAONLINE

Kiai Asep terbang ke Mesir didampingi istrinya, Nyai Hj Alif Fadhilah. Selain Bu Nyai Alif Fadhilah tampak Dr Mauhibur Rohman (Gus Muhib), Rektor Institut Pesantren KH Abdul Chalim (IKHAC), Pacet Mpjokerto, Prof Dr M Mas'ud Said, Direktur Pascasarjana Unisma Malang, dan Dr Fadly Usman, Wakil Rektor IKHAC, dalam rombongan Kiai Asep.

Wartawan BANGSAONLINE.com, M Mas'ud Adnan, yang mengikuti rombongan Kiai Asep melaporkan bahwa Kiai Asep dan rombongan langsung menuju kediaman Prof Dr Syaikh Muhammad Abdus Shomad Muhanna, penasehat Iman Besar Al Azhar dan ahli hukum internasional yang sangat populer dan berpengaruh di Mesir. 

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO