Gubernur Khofifah Minta Mahasiswa Lulusan UNU Blitar Miliki Kemampuan Complex Problem Solving

Gubernur Khofifah Minta Mahasiswa Lulusan UNU Blitar Miliki Kemampuan Complex Problem Solving Gubernur Khofifah saat menyalami wisudawan Universitas Nahdlatul Ulama Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Gubernur memberi orasi ilmiah pada para lulusan program sarjana Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) yang dikukuhkan sebagai wisudawan dan wisudawati, Sabtu (28/1/2023). Ia berpesan agar lulusan sarjana UNU harus memiliki kompetensi complex problem solving, kemampuan yang harus dimiliki pemimpin sejati.

"Hari ini Kita sudah masuk pada industri 4.0. Maka sebetulnya kompetensi pertama yang harus dimiliki adalah complex problem solving. Ini penting untuk menjawab perubahan-perubahan yang sering muncul dengan ketidakpastian. Seperti pandemi Covid-19, pemanasan global, dan sebagainya," paparnya.

Di depan 225 wisudawan-wisudawati yang berasal dari Fakultas Ilmu Eksakta, Fakultas Ilmu Sosial dan Pendidikan, serta Fakultas Agama Islam UNU , menjelaskan bahwa seseorang harus menjadi enabler leader atau pemimpin yang pemungkin. Di mana, tidak pernah ada sesuatu yang mustahil bagi pemimpin dalam menyelesaikan masalah.

"Kita harus bisa menjadi enabler leadership, mencari kemungkinan-kemungkinan dan solusi dari berbagai perubahan di tingkat lokal, regional, nasional, maupun global. Yang mungkin dianggap orang lain impossible," tuturnya.

"Karena dia punya enabler leadership, maka bagi dia bisa jadi possible. di mana kehadirannya akan selalu bisa jadi problem solver dan selalu mengasah inovasi, kreativitas, serta kolaborasi untuk mencari solusi dari berbagai tantangan," imbuhnya. 

Selain itu, untuk menguasai peradaban dunia, mantan Menteri Sosial itu menekankan pentingnya listening society, schooling society, reading society, dan writing society, sehingga tercipta masyarakat teredukasi yang dapat beradaptasi dengan kemajuan zaman.

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO