Peringati Hari Pers Nasional 2023, PWI Jatim akan Gelar Seminar UMKM di IAIN Kediri

Peringati Hari Pers Nasional 2023, PWI Jatim akan Gelar Seminar UMKM di IAIN Kediri Ketua PWI Kediri yang juga Ketua Pelaksana HPN PWI Jatim di Kediri saat memberi keterangan. (Muji Harjita).

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Untuk memperingati HPN () ke-77 2023 ini, PWI Jatim Timur memusatkan puncak peringatan di . Ada sejumlah rangkaian acara yang akan digelar dalam perayaan tersebut.

Salah satunya adalah menggelar seminar tentang UMKM (usaha mikro kecil menengah) di Kampus IAIN , Kamis, 9 Maret 2023. Selain mendatangkan narasumber yang kredibel, dalam acara seminar UMKM tersebut juga akan mengundang para pelaku UMKM di Kabupaten dan Kota.

Ketua PWI , Bambang Iswahyoedhi, mengatakan, seminar tersebut rencananya akan mendatangkan pembicara Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur, Ketua Kadin Jatim, Kepala BI dan sebagai moderator Ketua PWI Jatim, Lutfi Hakim.

Menurut Bambang, harus diakui bahwa kontribusi pelaku UMKM, dalam pertumbuhan ekonomi di masyarakat sebenarnya sangat besar, lebih-lebih di masa pandemi covid-19. Namun sayang, keberadaan para pelaku UMKM tersebut masih saja dipandang sebelah mata.

Masih menurut Bambang, terkait dengan UMKM ini, sebenarnya sudah diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM. Dalam UU tersebut dikatakan bahwa UMKM adalah sesuai dengan jenis usahanya yakni usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah.

Diterangkan oleh Bambang, meski kontribusi UMKM dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi sangat diperhitungkan, namun masyarakat ada yang masih enggan untuk memulai usaha. Hal ini bisa terjadi, lanjut, Bambang, mungkin saja karena untuk memulai usaha diperlukan legalitas dan ini harus diurus oleh yang mau memulai usaha.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO