Dukung Arahan Presiden dalam Rakernas APPSI, Khofifah Sebut Inovasi Jatim Bejo Jadi Solusi

Dukung Arahan Presiden dalam Rakernas APPSI, Khofifah Sebut Inovasi Jatim Bejo Jadi Solusi

BALIKPAPAN, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, yang hadir pada rakernas (Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia) di Balikpapan menyampaikan komitmennya dalam meningkatkan belanja daerah dengan menggunakan produk dalam negeri. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan dalam rakernas tersebut.

Cara yang dilakukan salah satunya dengan mengoptimalkan aplikasi () yang sukses digelar saat pandemi Covid-19 lalu.

saat ini telah mudah diakses oleh pelaku UMKM. Bahkan pada tahun 2022, telah berkomitmen untuk melakukan peningkatan penggunaan produk dalam negeri melalui belanja daerah dengan nilai Rp2,293 triliun. Jatim juga memiliki alokasi belanja untuk UMKM mencapai Rp2,27 triliun,” ungkap Gubernur di Balikpapan, Jumat (24/02/2023).

Gubernur juga mengajak masyarakat untuk terus mendorong penguatan belanja nasional maupun daerah dengan produk dalam negeri melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Produk bukan hanya barang, tapi juga obyek wisata, baik wisata alam maupun wisata budaya. Begitu pula bagi warga daerah lain.

“Jika kunjungan wisata di masing-masing potensi daerah meningkat, saya optimistis bahwa pelaku UMKM di sekitar lokasi wisata tersebut juga akan meningkat pula. Maka masyarakat yang menjadi pelaku UMKM dan di sekitar wilayahnya memiliki potensi wisata, bisa buka stand disana,” kata . (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO