9 Makanan Khas Sidoarjo yang Terkenal Lezat dan Bikin Ketagihan

9 Makanan Khas Sidoarjo yang Terkenal Lezat dan Bikin Ketagihan Lontong Kupang merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo. (foto: commons.wikimedia.org/wiki/File:Kupang_lontong.jpg)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jika anda berkunjung ke Sidoarjo, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khas yang hanya bisa ditemukan di sini. Makanan khas Sidoarjo dikenal memiliki berbagai variasi yang tentunya memanjakan lidah pecinta kuliner.

Salah satu kabupaten yang berada di Jawa Timur populer karena produk-produk olahan seafood. Mulai dari Lontong Kupang hingga kerupuk udang yang mudah anda temukan di kota tetangga Surabaya ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 9 makanan khas Sidoarjo yang terkenal lezat dan bikin ketagihan.

1. Lontong Kupang

Lontong Kupang merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo yang sangat melegenda.

Kupang sendiri adalah jenis kerang laut yang mempunyai ukuran kecil dan berwarna putih. Hewan mungil ini dapat ditemukan di tepi pantai yang berlumpur.

Kuliner Lontong Kupang terdiri dari berbagai macam isian, mulai dari kupang rebus, lontong, lentho kacang, dan singkong parut. Resepnya hanya petis khusus kupang yang berwarna kelabu, bawang putih, cabai, dan gula pasir. Setelah itu disiram kuah bumbu rebusan kupang. Kuliner khas Sidoarjo ini akan tambah nikmat bila ditemani sate kerang dan es kelapa.

2. Bandeng Presto

Selain Lontong Kupang, makanan khas Sidoarjo, Jawa Timur yang wajib dicoba adalah Bandeng Presto. Bahan utama dari makanan ini adalah Ikan Bandeng yang dimasak presto hingga benar-benar lembut dan lunak durinya.

Tak heran jika Bandeng Presto menjadi salah satu kuliner khas Sidoarjo. Pasalnya Kota Delta ini merupakan penghasil ikan bandeng.

3. Bandeng Asap

Olahan lain Ikan Bandeng yang juga merupakan hidangan khas Sidoarjo adalah Bandeng Asap. Makanan ini kerap dijadikan buah tangan saat wisatawan berkunjung ke Sidoarjo. Ikan budidaya yang hidup di air payau ini diolah dengan teknik pengasapan. Teknik pengasapan ini membuat ikan lebih tahan awet selama penyimpanan.

4. Otak-otak Bandeng

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO