Santri Sunanul Muhtadin Bantu Warga Terdampak Banjir Kali Lamong

Santri Sunanul Muhtadin Bantu Warga Terdampak Banjir Kali Lamong Santri Ponpes Modern Sunanul Muhtadin, Kecamatan Sidayu, Gresik, saat memberi bantuan untuk korban banjir akibat luapan Kali Lamong. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Santri Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Sunanul Muhtadin, Kecamatan Sidayu, melalui Sunanul Muhtadin Care mengadakan bakti sosial di wilayah terdampak banjir , Senin (27/2/2023).

Para santri diterjunkan ke sejumlah desa yang terdampak banjir, seperti di Desa Tambakberas dan Desa Jono, Kecamatan Cerme. Tujuan utama kegiatan ini untuk memberikan pembelajaran secara langsung terkait empati dan kepedulian sosial.

Para santri asal Sidayu tersebut juga turut merasakan bagaimana sulitnya kehidupan masyarakat di kala tertimpa banjir. Santri di ponpes ini jenjang pendidikan formal SMP, MA, dan SMK dengan berbagai kompetensi keahlian. 

Santri tidak hanya belajar di dalam kelas, tapi juga pembelajaran kontekstual dengan cara membantu meringankan problem yang dihadapi masyarakat. Selain itu, pendirian pesantren juga ditujukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pendidikan yang berlandaskan ilmu agama, al-Qur’an, as Sunnah, serta ilmu pengetahuan yang modern sebagai bekal di masa depan.

Kepala Dusun Tambak Beras, Kecamatan Cerme, Gatot Sudarwanto menyatakan, pemerintah desa (Pemdes) merasa senang dengan kehadiran santri yang memberikan bantuan tersebut.

"Jarang-jarang ada pesantren bersama santrinya melakukan kegiatan sosial seperti ini. Rata-rata yang memberikan bantuan organisasi masyarakat atau komunitas," ucapnya.

Ia berharap, kegiatan santri yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kepedulian terhadap sesama serta terus bisa menebarkan kebaikan di masa mendatang, terus dilakukan,. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO