Gubernur Khofifah Dorong Sinergi Hexa Helix Approach Buka Spektrum Baru Desa Mandiri di Jatim

Gubernur Khofifah Dorong Sinergi Hexa Helix Approach Buka Spektrum Baru Desa Mandiri di Jatim

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Program Klinik Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dan Akademi Wisata Tahun 2023 secara resmi dimulai. Langkah ini diharapkan akan memperbanyak di Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, saat melakukan Kick Off Program Klinik Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) dan Akademi Wisata Tahun 2023 di Hotel Artotel TS Surabaya, Kamis (16/03/2023) malam.

"Sebuah desa jika sudah dikategorikan mandiri, support dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi akan berkurang, bahkan bisa zero. Kita tidak hanya menarget makin banyak, tapi desa yang sudah mandiri itu harapan kita akan menemukan spektrum baru meluaskan jejaring produk-produk kreatif mereka sehingga mandiri dan produktif," kata Gubernur dalam sambutannya.

Gubernur berharap adanya konektivitas dan sinergi yang dibangun dengan yang melibatkan enam sektor (perguruan tinggi atau akademik, sektor usaha atau private sector, sektor pemerintah, masyarakat, media, dan permodalan).

"Ini momentum untuk membangun sinergi di antara kita semua pasti banyak potensi-potensi yang luar biasa yang dimiliki oleh masing-masing institusi," tegas .

Lebih jauh, gubernur menjelaskan melalui , desa- akan mampu menemukan ruang yang memungkinkan pelaku UMKM bisa terus tumbuh berkembang serta menemukan ekosistem usaha yang lebih berkembang dan lebih baik lagi.

Desa mandiri di Jawa Timur per Juli 2022 tercatat mencapai 1.490 desa. Jumlah ini menjadikan Jawa Timur sebagai provinsi yang memiliki secara Nasional, setara 23,88%.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO