Nuzulul Quran Momentum Peningkatan Bacaan, Pemahaman, dan Pengamalan Alquran

Nuzulul Quran Momentum Peningkatan Bacaan, Pemahaman, dan Pengamalan Alquran Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa foto bersama pemenang. Foto: DEVI FITRI AFRIYANTI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pada momentum peringatan Nuzulul Qur’an 1444 H yang digelar , Gubernur mengajak umat Islam untuk meningkatkan bacaan, pemahaman, sekaligus pengamalan Alquran. Sehingga Al-Qur’an tidak sekadar dibaca, tapi juga dipahami dan diamalkan.

Menurutnya, hal ini sesuai saat seperti Sayyidatina Aisyah RA saat ditanya oleh Ayahandanya, Sayyidina Abu Bakar RA, tentang kesannya menjadi istri Rasulullah Muhammad SAW. Dan dijawab kana khuluquhul Qur’an yang artinya akhlaqnya Rasulullah SAW adalah Al-Qur’an.

"Untuk itu, bagi kita semua umat Islam supaya menjadikan referensi Al-Qur’an menjadi basis dari karakter kita," tegasnya di , Jumat (7/4/23).

Tidak hanya itu, salah satu hal yang penting adalah sangat banyak di antara umat Islam belum sempat mendapatkan pelajaran, pengajaran, dan pembelajaran Al-Qur’an. Yakni bagaimana cara membacanya, memahaminya, dan cara mengamalkannya. Termasuk di dalamnya adalah membangun karakter dan akhlaq Al-Qur’an.

“Ini bisa kita bangun, yakni melalui majelis-majelis keilmuan yang terus dilakukan di semua lini, di semua level, dan di semua kesempatan,” tukasnya.

Lebih lanjut, mengatakan Provinsi Jatim ini secara umum belum sepenuhnya selesai pembangunannya. Namun, secara fisik dan fungsionalnya sudah cukup baik, seperti instalasi air, listrik, dan sound system.

“Dengan support dari Dewan Masjid Indonesia, maka ‘adiknya’ Masjid Nasional Al-Akbar ini bisa kita mulai gunakan supaya bisa fungsional dan bisa memberikan manfaat bagi kita semua,” katanya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO