Teken Kerja Sama dengan PT Smelting, Dekranasda Gresik Dorong Batik Lokal Mengglobal

Teken Kerja Sama dengan PT Smelting, Dekranasda Gresik Dorong Batik Lokal Mengglobal Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, bersama Ketua Dekranasda Gresik, Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, serta Section Manager General Affair PT Smelting, Indra Junor. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab bersama Dekranasda setempat menjalin kerja sama dengan PT . Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian antara Ketua Dekranasda , Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, dengan PT yang diwakili oleh Indra Junor selaku Section Manager General Affair, Jumat (14/4/2023).

Dengan demikian, Dekranasda dan PT akan membawa 10 hasil karya terbaik desain motif batik dari lomba yang diadakan pada 2020. Kemudian, motif batik itu akan diaplikasikan dalam sebuah lembar kain yang nantinya, akan dibranding sebagai batik khas dari .

Wakil Bupati , Aminatun Habibah, mengapresiasi apa yang telah dilakukan PT lantaran kerap mendukung pemerintah daerah setempat, terutama dalam kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, dan pada gilirannya meningkatkan perekonomian.

"Mudah-mudahan lewat momen ini, Kabupaten bisa memiliki motif batik yang benar-benar menjadi ciri khas Kabupaten ," ujarnya.

Pemkab dengan PT juga telah melakukan kerja sama dalam berbagai kesempatan, seperti pembinaan sekaligus branding batik pamiluto, fasilitasi produk UMKM dalam pameran di Osaka, fasilitasi sarana pemasaran di Gressmall, dan fasilitasi pengiriman produk UMKM dalam pameran di Tokyo bulan Maret 2023.

Sementara itu, Nurul Haromaini menyebut dukungan PT sejalan dengan fungsi dan peran dari pihaknya, yaitu melestarikan budaya, bangsa, tradisi, dan mengangkat kekayaan/potensi daerah melalui pengembangan dan pemberdayaan industri kecil dan menengah di Kabupaten .

"Hari ini merupakan awal yang baik, dengan kita bersama-sama untuk mencapai harapan besar bagi masyarakat, khususnya pengrajin batik di agar lebih berdaya saing. Kami juga sangat mengapresiasi bentuk dukungan yang dilaksanakan secara berkelanjutan, sehingga terbangun ekosistem pemberdayaan industri kecil menengah dan pengrajin batik di yang mengglobal," paparnya.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT , Irjuniawan P Radjamin, mengatakan bahwa MoU ini adalah momen bersejarah, di mana bersama Dekranasda akan mengembangkan batik khas .

"Harapannya, tentu dapat mengungkit ekonomi masyarakat yang terlibat, seperti UMKM yang kami ikutkan di pameran di Jepang, dan mendapatkan kontrak Rp28 miliar. Melalui MoU ini, akan mendukung pengembangan batik khas mulai hulu dan hilir, Seperti pelatihan membatik, pengembangan brand, event batik, hingga penjualan," tuturnya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO