Perluas Jangkauan Layanan, Gubernur Khofifah Launching Tambahan Armada Bus Transjatim Koridor I

Perluas Jangkauan Layanan, Gubernur Khofifah Launching Tambahan Armada Bus Transjatim Koridor I Gubernur Khofifah saat memberi sambutan dalam launching tambahan armada bus Transjatim Koridor I.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Gubernur melaunching penambahan 10 armada bus plus 1 cadangan Transjatim Koridor I Rute Sidoarjo-Surabaya-Gresik, Jumat (14/4/2023). Hal tersebut dilakukan untuk memperluas jangkauan layanan transportasi publik.

Penambahan Koridor I ini melengkapi yang telah beroperasi sejak 19 Agustus 2022 dengan 20 bus dan 2 armada cadangan. Sehingga total saat ini terdapat 30 bus Transjatim yang beroperasi di Koridor I.

mengatakan bahwa penambahan itu dikarenakan load factor dari masyarakat yang cukup tinggi dan berada di atas 100 persen, sehingga Dishub Jatim menambah armada Bus Transjatim di koridor I.

Ia berharap, penambahan armada ini dapat memotong waktu tunggu penumpang pada jam tidak sibuk yang semula 30 menit menjadi 15 menit, sementara untuk jam sibuk yang sebelumnya 15 menit berubah menjadi 10 menit.

Dengan demikian, penumpukan penumpang pada setiap halte dan keluhan penumpang dikarenakan waktu tunggu yang lama dapat teratasi, serta mampu meningkatkan standar pelayanan minimal (SPM) Transjatim.

"Mari masyarakat Jawa Timur manfaatkan bus Transjatim yang operasionalnya dimulai pada pukul 05.00 WIB-21.00 WIB dengan tarif yang terjangkau, yakni untuk penumpang umum Rp5 ribu, sementara penumpang pelajar serta santri Rp2.500,00.," kata .

Menurut dia, kebutuhan transportasi dasar bagi masyarakat akan mempercepat konektivitas antar-provinsi, antar-kota dan kabupaten. Karenanya, tanpa adanya konektivitas suatu daerah tidak akan bisa efektif dan efisien.

Untuk itu, kehadiran Transjatim akan menjadi program prioritas penyediaan angkutan masal berbasis jalan di Jawa Timur yang terkoneksi dalam kawasan aglomerasi Gerbangkertasusila. Penambahan armada Transjatim ini diharapkan dapat bertemu dengan berbagai macam kebijakan dari aglomerasi di Surabaya.

"Kita harapkan, dengan penambahan armada Transjatim ini menjawab solusi permasalahan yang ada serta menjadi bukti bahwa pemerintah hadir memenuhi permintaan serta keinginan masyarakat di wilayah Gerbangkertasusila," urai .

Gubernur perempuan pertama di Jatim itu menuturkan, Transjatim akan memberikan pelayanan yang nyaman, aman, tepat waktu dan terjangkau kepada masyarakat yang memiliki mobilitas kegiatanya yang cukup tinggi. 

Selain itu, Transjatim juga akan berkontribusi di dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas jalan, mengurai kemacetan serta mendongkrak pergerakan orang agar pertumbuhan ekonomi tumbuh lebih cepat. Di akhir sambutannya, berterima kasih atas seluruh inovasi dan kerjasama dari banyak pihak yang nantinya bisa di aktivasi koridor II dan III.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO