Gubernur Khofifah Bersyukur Suasana Idul Fitri 1444 H Berlangsung Kondusif

Gubernur Khofifah Bersyukur Suasana Idul Fitri 1444 H Berlangsung Kondusif Gubernur Khofifah saat Sholat Idul Fitri di Masjid Al-Akbar Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur, Indar Parawansa, bersyukur perayaan Idul Fitri tahun ini berjalan sangat kondusif, mulai dari mudik lebaran, tradisi takbir yang digelar masyarakat, hingga pelaksanaan Sholat Ied. Ia mengungkapkan hal tersebut saat menyapa puluhan ribu jemaah yang hadir di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya ketika Sholat Idul Fitri beserta keluarganya.

"Atas nama Pemprov Jawa Timur dan pribadi saya menyampaikan mohon maaf lahir dan batin. Selamat menyambut Idul Fitri satu Syawal 1444 Hijriyah. Mudah mudahan seluruh ibadah kita baik puasa, tadarus, qiyamul lail, hingga zakat dan shodaqoh diterima oleh Allah SWT," ujarnya, Sabtu (22/4/2023). 

Momen tersebut semakin lengkap dengan keikutsertaan cucu semata wayangnya, Aisyah Nabila, atau yang akrab disapa 'Aila'. Sebelum Salat Ied dimulai, gubernur mengajak puluhan ribu jamaah yang hadir melantunkan takbir bersama-sama.

"Saya ingin mengajak untuk melantunkan takbir Allahhu Akbar Allahhu Akbar, Allah hu Akbar Lailaha Illallah Allahu Akbar Allahu Akbar walillahil hamd," tuturnya.

Saat itu juga hadir, Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak; Sekdaprov Jatim, Adhy Karyono, dan jajaran Kepala OPD Pemprov Jatim juga turut melaksanakan salad Ied yang dipimpin oleh Imam Besar Masjid Nasional Al Akbar KH Abdul Hamid Abdullah, dan Khotib KH Abdullah Syamsul Arifin selaku Pengasuh Pondok Pesantren Daarul Arifin Curahkalong Bangsalsari Jember.

Selesai menjalankan salat Ied, menyampaikan beberapa pesan. Pertama, bahwa perbedaan penetapan perbedaan 1 syawal akan menjadi bagian dari format penghormatan dan penghargaan satu dengan yang lain. 

"Silaturahmi jangan berbeda. Apakah yang menetapkan 1 syawal tanggal 21 maupun 22 April tetap sama-sama kita bangun silaturahmi dengan baik agar Jatim tetap kondusif dan guyub rukun," ajaknya.

Kedua, gubernur berterima kasih kepada seluruh Dirlantas di Jawa Timur atas kinerja yang luar biasa selama pengamanan arus mudik dan arus balik. Berdasarkan laporan puncak mudik di Jatim, kata , relatif berjalan aman dan lancar bahkan tadi malam Dirlantas Polda Jawa Timur menyampaikan angka kecelakaan lalu lintas turun.

"Meski baru setengah jalan, kami menyampaikan terima kasih kerja keras semuanya tim yang ada di lapangan," tuturnya.

Ia memprediksi hari ini terjadi puncak wisatawan di berbagai destinasi wisata sampai dengan tanggal 25 April 2023. Oleh karena itu, meminta seluruh elemen TNI/Polri, dinas kesehatan, dinas perhubungan, dan relawan menguatkan sinergitas dan kolaborasi untuk menjaga destinasi-destinasi wisata supaya semua berjalan aman, lancar, nyaman dan mengesankan.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO