265 Eks Pengungsi Syiah di Rusunawa Puspa Agro Sidoarjo Dipulangkan Ke Kampung Halamannya Sampang

265 Eks Pengungsi Syiah di Rusunawa Puspa Agro Sidoarjo Dipulangkan Ke Kampung Halamannya Sampang Proses pemulangan Eks Pengungsi Syiah di Rusunawa Puspa Agro Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 265 orang eks pengungsi Syiah yang tinggal di Rusunawa Puspa Agro, Desa, Kecamatan Taman, akhirnya dipulangkan di kampung halaman mereka di Sampang, Kamis (4/5/2023).

Pemulangan terhadap 265 pengungsi yang terdiri dari 62 Kepala Keluarga ini, merupakan kepulangan gelombang ke dua. Mereka diantarkan menggunakan 4 armada bus menuju pendopo Kabupaten Sampang dengan pengawalan petugas.

Para pengungsi tersebut, merupakan warga Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, dan Desa Blauran, Kecamatan Karang Penang, Sampang, Madura. Dari Desa Karang Gayam, terdiri dari 26 Kepala Keluarga dengan jumlah 135 jiwa.

Sedangkan, dari Desa Blauran, terdiri dari 33 Kepala Keluarga yang terdiri dari 130 Jiwa. Sementara 5 Kepala Keluarga lainnya, masih berada di Rusunawa Puspa Agro, karena terkendala administrasi.

Kepulangan eks pengungsi Syiah tahap kedua ini, sebagai bentuk penyelesaian konflik yang terjadi sekitar 11 tahun yang lalu.

“Ya, pemulangan tahap pertama juga pernah dilakukan pemerintah Kabupaten Sampang yaitu pada di bulan april 2022 lalu dengan menjemput ratusan eks pengungsi Syiah di rusunawa ini,” kata Bripka Eko Purwanto, selaku penanggung jawab pemulangan eks pengungsi Syiah.

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO