Hari Dermaga Nasional, Khofifah: Momentum Penguat Jatim sebagai Hub Utama Indonesia Timur

Hari Dermaga Nasional, Khofifah: Momentum Penguat Jatim sebagai Hub Utama Indonesia Timur

SURABAYA, BANGSA ONLINE.com - Gubernur Indar Parawansa berharap momentum peringatan yang diperingati tiap tanggal 17 Juni menjadi penguat keberadaan sebagai hub utama Indonesia Timur. Terlebih, Jatim adalah penyumbang perekonomian terbesar kedua di Pulau Jawa.

Strategisnya lagi, Jatim merupakan provinsi dengan potensi pelabuhan yang tinggi. Di mana, Jatim memiliki 27 pelabuhan strategis yang tersebar di berbagai kabupaten/kota, maka maksimalisasi layanan akan lebih mudah terakses.

"Alhamdulillah Jatim memiliki banyak pelabuhan strategis yang insya Allah fasilitasnya terus kami jaga dan tingkatkan. Karenanya, ini akan semakin menguatkan posisi sebagai hub utama bagi logistik Indonesia Timur," terang , Sabtu (17/6/2023).

"Jatim juga memiliki banyak potensi dan jaringan koneksitas tol laut seperti yang telah dicanangkan Presiden Jokowi," imbuhnya.

menjelaskan, ke-27 pelabuhan tersebut antara lain Telaga Biru di Kabupaten Bangkalan, kemudian , Ketapang, dan Banyu Wangi/Boom di Kabupaten Banyuwangi.

Selain itu, ada pula Pelabuhan Gresik dan Bawean di Kabupaten Gresik. Diikuti oleh Brondong dan Tanjung Pakis di Lamongan. Sementara, Pacitan dan Pasuruan memiliki masing-masing satu pelabuhan dengan nama yang sama seperti kabupaten/kota tersebut.

Tak hanya itu, Kabupaten Pamekasan punya Pelabuhan Branta dan Pasean. Kabupaten Sampang memiliki Pelabuhan Glimandangin, Taddan, dan Pelabuhan Sampang. Sedangkan Kabupaten Situbondo memiliki Pelabuhan Kalbut dan Panarukan.

Daerah dengan pelabuhan terbanyak yaitu Kabupaten Sumenep dengan total tujuh pelabuhan, yakni Kalianget, Masalembo, Sapudi, Sapeken, Kangean, Keramaian, dan Raas. Sedangkan, Kota Surabaya punya Pelabuhan Tanjung Perak yang telah menjadi ikon terkenal kota ini.

Selanjutnya di Probolinggo terdapat Pelabuhan Probolinggo dan Giliketapang. Secara khusus, seiiring dengan Perpres No. 80 tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan di , Pelabuhan Probolinggo bakal dikembangkan menjadi pusat hub pedagangan dan konektor titik-titik pariwisata unggulan di .

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO