Optimis Tembus Pasar Ekspor, 30 UMKM di Kota Kediri Ikuti Pelatihan Ekspor dari Pemkot dan Kemendag

Optimis Tembus Pasar Ekspor, 30 UMKM di Kota Kediri Ikuti Pelatihan Ekspor dari Pemkot dan Kemendag Beberapa produk UMKM di Kota Kediri yang siap merambah mancanegara. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dengan produk yang berkualitas, UMKM memiliki potensi besar dalam memperluas pasarnya di mancanegara. Sebagai upaya mendorong terwujudnya hal tersebut, Pemerintah Kota Kediri berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan melalui Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan () menggelar pelatihan ‘Bagaimana Memulai Ekspor’, Selasa (20/6/2023).

Bertempat di salah satu hotel di Kota Kediri, pelatihan diikuti 30 pelaku UMKM dari berbagai sektor. Pelatihan sekaligus mengakomodir usulan musrenbang dari Kelurahan Manisrenggo, Ketami, Tamanan, Sukorame, dan Bujel.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas SDM tentang apa saja yang perlu disiapkan untuk memulai ekspor seperti kesiapan internal untuk ekspor termasuk legalitas usaha, kapasitas produksi, kualitas produk, serta memenuhi persyaratan di pasar ekspor,” terang Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri, Wahyu Kusuma Wardani.

Pelatihan berlangsung selama tiga hari hingga Kamis (22/6/2033), dengan narasumber dari Kementerian Perdagangan melalui Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan ().

Peserta akan dibekali pengetahuan bagaimana bisnis ekspor, identifikasi potensi pasar ekspor, pengembangan atau adaptasi produk ekspor, dll.

“Pelatihan ini untuk meningkatkan wawasan peserta bagaimana memulai ke arah bisnis yang lebih besar yaitu ekspor. Tidak hanya berhenti di pelatihan, mereka juga akan melakukan monitoring selama satu tahun. Jadi tidak hanya dilatih, mereka juga akan didampingi apa saja yang perlu dipersiapkan,” jelasnya.

Diharapkan melalui pelatihan, para peserta dapat meningkatkan kompetensi, lebih percaya diri, sehingga akan melahirkan eksportir baru di Kota Kediri.

Selain itu, Wahyu berharap para peserta senantiasa menumbuhkan motivasi dan dorongan dalam diri untuk menjadi lebih baik dan maju.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO