Gubernur Khofifah Optimistis Jawa Timur Jadi Simpul Ekonomi Dunia

Gubernur Khofifah Optimistis Jawa Timur Jadi Simpul Ekonomi Dunia Gubernur Khofifah ketika mendampingi Presiden Jokowi saat meninjau progres pembangunan Smelter Freeport dan Groundbreaking Pabrik Foil Tembaga di Gresik.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Gubernur optimistis Jawa Timur bakal menjadi simpul ekonomi dunia. Hal tersebut diungkapkan ketika mendampingi Presiden  meninjau progres pembangunan Smelter Freeport dan Groundbreaking Pabrik Foil Tembaga PT Hailiang Nova Material Indonesia di Kawasan Industri Java Integrated and Ports Estate (JIIPE), .

Kehadiran 2 pabrik itu diyakini akan memperkuat posisi Jawa Timur dalam rantai pasok di bidang peleburan dan produksi tembaga, seperti suplai kebutuhan copper foil serta katoda baterai bagi Indonesia maupun luar negeri dari wilayah KEK JIIPE pun mengaku bersyukur serta mendukung penuh terhadap industri pengolahan bahan mentah tembaga di Jawa Timur.

"Diperlukan 59 kg copper foil untuk satu mobil listrik. Di sini ada potensi besar untuk menarik investasi dalam hal mobil listrik dan produksi baterainya di Indonesia. Apalagi, kita tidak perlu mengekspor tembaga mentah ke luar negeri karena dapat memproduksi sendiri," ujarnya, Selasa (20/6/2023).

"Karena semua diproduksi di dalam negeri, kita bisa memberikan nilai tambah bagi hasil-hasil produksi kita. Ini akan menguatkan dan menjaga roda perekonomian Jatim terus berputar," imbuhnya.

Gubernur menyebut kehadiran pabrik ini juga akan semakin memperluas lapangan kerja bagi masyarakat Jawa Timur. Sumber daya manusia (SDM) unggul Jawa Timur berpeluang besar untuk bekerja memenuhi permintaan pabrik-pabrik yang berdiri di kawasan JIIPE.

"Dibangunnya integrasi pabrik PT. Hailiang dan smelter PT. Freeport ini membuka peluang kerja baru bagi tenaga kerja terbaik Jatim. Mereka juga bisa mendapatkan pengalaman baru lewat pelatihan tenaga kerja di luar negeri seperti yang pak Menkomarves sampaikan tadi," paparnya.

"Semoga semua ini memberikan penguatan-penguatan bagi kemajuan Jatim. Harapannya Jatim terus berkembang sebagai wilayah yang memfasilitasi kemudahan beriventasi sehingga menjadi primadona bagi investor baik dalam dan luar negeri," pungkasnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO