6 Cara Cegah Obesitas pada Remaja

6 Cara Cegah Obesitas pada Remaja 6 Cara Cegah Obesitas Pada Remaja. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Penyebab pada remaja umumnya terjadi dikarenakan pola hidup yang tidak sehat. Obesitas dapat menjadi sumber terjadinya sejumlah penyakit yang berbahaya, sehingga tidak boleh disepelekan begitu saja.

Dilansir dari Halodoc, berikut 6 cara cegah pada remaja:

1. Hindari makanan olahan

Obesitas dapat dicegah dengan memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Hindarilah makanan olahan yang mengandung tinggi gula, kalori, serta lemak. Selain itu hindari pula karbohidrat olahan, seperti roti putih, tepung putih, nasi putih, kue kering, soda, pasta dan sereal dalam kemasan.

Bukan hanya karbohidrat olahan saja, Anda juga perlu menghindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, karena akan menyebabkan kenaikan gula darah dengan cepat.

2. Batasi asupan gula

Makanan atau minuman yang ditambahi gula dapat memicu sejumlah penyakit berbahaya, seperti diabetes tipe 2, kanker, dan penyakit jantung. Maka dari itu Anda perlu meminimalkan asupan gula tambahan untuk memperbaiki pola makan. Anda juga perlu menghindari minuman bersoda, alkohol serta jus buah kemasan.

3. Penuhi asupan protein harian

Memperhatikan kecukupan asupan protein harian dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Apabila jumlah protein harian tercukupi, metabolisme akan meningkat hingga 80-100 kalori per hari.

Mencukupi asupan protein dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan akan menurun. Selain itu energi akan lebih optimal untuk beraktivitas.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO