Siapkan Generasi Indonesia Emas, Ning Ita Buka Serentak MPLS Tingkat SMP Kota Mojokerto

Siapkan Generasi Indonesia Emas, Ning Ita Buka Serentak MPLS Tingkat SMP Kota Mojokerto Disela-sela acara, Ning Ita didampingi sang suami Supriyadi menyempatkan berbincang dengan peserta.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Masa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS tingkat SMP negeri dan swasta tahun pelajaran 2023/2024 Kota , dibuka secara serentak dan resmi oleh Wali Kota Ika Puspitasari di tempat bersejarah Alun Alun Wiraraja, Senin (17/7/2023).

Diawali doa bersama, Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita bersama forpimda, para tenaga pendidik dan 2.700 peserta anak didik baru tingkat SMP dengan khusyuk memanjatkan doa kepada Allah SWT untuk kelancaran rangkaian kegiatan MPLS serta proses belajar mengajar di seluruh Kota .

"Alhamdulillah, di 2023 ini kita selalu diberikan nikmat bisa silaturahmi di alun-alun Wiraraja Kota , untuk bersama-sama melaksanakan pembukaan masa pengenalan lingkungan sekolah tahun ajaran 2023/2024. Saya ucapkan terima kasih pula kepada semua tenaga pendidikan dan MKKS serta dewan guru lainnya, atas keberhasilan 100% pelaksanaan PPDB di Kota . Semoga, silaturahmi kita membawa manfaat dan keberkahan untuk pendidikan Kota tercinta, serta mendukung pemerintah menuju generasi Indonesia Emas 2045. Di Alun-Alun Wiraraja Kota ini telah menggaung doa bersama sesuai keyakinannya, kita telah lantunkan doa mengetuk pintu langit bersama-sama, agar anak-anak ini dalam berproses untuk mendapatkan ilmu mereka, senantiasa mendapatkan perlindungan kemudahan dari Allah SWT dan kita bisa bersama-sama mewujudkan Indonesia generasi emas di tahun 2045." ungkap Ning Ita.

Dalam sambutannya, Ning Ita juga menyampaikan bahwa program pendidikan gratis telah dapat diterapkan di seluruh Kota . Pemerintah Kota (Pemkot) telah menjamin pendidikan gratis bagi semua pelajar yang tinggal dan bersekolah di Kota . Diantaranya adalah Pemkot telah menyalurkan seragam dan peralatan sekolah secara gratis bagi anak didik baru tahun pelajaran 2023/2024.

"Supaya para pelajar dan orang tua tidak perlu lagi memikirkan biaya pendidikan bagi anak anaknya. Pemkot menjamin pendidikan gratis, tidak ada lagi biaya pendidikan di Kota . Mulai dari TK, SD, MI dan sederajat, juga SMP, MTS yang sederajat baik negeri maupun swasta telah mendapatkan seragam sekolah gratis dan peralatan sekolah gratis. Hal ini, agar para pelajar lebih konsentrasi dalam proses pembelajaran dalam berlomba-lomba meraih prestasi. Jaminan pendidikan gratis dari Pemkot , supaya generasi Kota ke depan, menjadi generasi yang hebat, cerdas dan bisa mendukung generasi Indonesia Emas 2045," jelas Ning Ita.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota , Amin Wachid mengatakan MPLS SMP dilaksanakan tiga hari yang ditambah dua hari perkemahan Sabtu-Minggu dan siswa SD selama dua pekan.

"MPLS untuk siswa SD sampai dua pekan karena mereka yang anak TK biasanya bermain, sehingga ini adalah masa transisi dari bermain ke belajar sehingga perlu penekanan. Tidak ada lagi perpeloncoan di sekolah. Nantinya, di akhir MPLS siswa SD dan SMP akan melaksanakan perkemahan Sabtu-Minggu.

Dalam kegiatan itu, Ning Ita juga membagikan voucher paket data bagi puluhan pelajar yang bisa menjawab pertanyaan, serta Ning Juga melepas ratusan balon udara sebagai dimulainya MPLS tingkat SMP di Kota . Ning Ita juga mengabarkan bahwa, 22 Juli 2023 ini Kota mendapatkan penghargaan sebagai Kota Layak Anak Nasional. (ris/git).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO