4 Tradisi Unik Tahun Baru Islam di Indonesia

4 Tradisi Unik Tahun Baru Islam di Indonesia Tradisi Memperingati Tahun Baru Islam. Foto: pontianak.go.id

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tahun Baru Islam merupakan hari istimewa bagi umat Muslim. Tak ayal beberapa daerah merayakan hari tersebut penuh suka cita lewat tradisi turun temurun dari pendahulu.

 adalah momen pergantian tahun dalam kalender hijriyah, biasanya seluruh umat Islam memanjatkan doa dan menggelar acara tradisi. Tujuan untuk menggelar tradisi yakni sebagai ungkapan rasa syukur selama setahun.

Berikut ini 4 tradisi Tahun Baru Islam yang ada di Indonesia;

Baca Juga: Peringatan Tahun Baru Islam 1446 H, Khofifah Berpesan untuk Perkuat Solidaritas Kemanusiaan

1 Kirab Kebo Bule

Digelar di Kebun Raya Gunung Tidar, Magelang, tradisi ini biasanya dilakukan oleh masyarakat di sekitar lokasi wisata setiap malam 1 Suro. Masyarakat akan bersama-sama berziarah ke makam para leluhur.

Mereka biasanya mendaki Gunung Tidar untuk berziarah bersama ke makam Kyai Sepanjang dan Kyai Semar yang dulu ikut menyebarkan agama Islam di Jawa.

Baca Juga: Hadiri Perayaan Tahun Baru Islam di Gempol, ini Janji Gus Mujib

2. Masak Bubur Suro

Masyarakat Jawa Barat atau orang Sunda biasanya merayakan dengan membuat Bubur Suro. Upacara ini dilakukan untuk mengungkapkan rasa syukur selama satu tahun.

Biasanya, masyarakat Sunda akan menyiapkan dua jenis bubur yaitu bubur merah dan bubur putih yang disajikan terpisah, lalu membawanya ke masjid untuk didoakan bersama sama.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru 1446 H, Pemkot Mojokerto Gelar Ngaji Bareng Gus Mus

3. Pawai Obor Keliling

Di sebagian besar daerah, tradisi merayakan Tahun Baru Islam itu berbeda-beda. Salah satunya adalah pawai obor, biasanya tradisi ini dilakukan dengan membawa obor berkeliling kampung dan mengenakan pakaian muslim untuk merayakan Tahun Baru Hijriyah.

Bahkan tradisi ini masih kerap dirayakan di berbagai kota besar. Semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa akan berkeliling membawa obor dan melantunkan sholawat bersama.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Ikuti Doa Bersama Tahun Baru Islam 1446 H di Ponpes Lirboyo

4. Sedekah Gunung Merapi

Masyarakat desa di sekitar Gunung Merapi tepatnya di Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Boyolali, Jawa Tengah merayakan tradisi unik setiap 1 Suro. Tradisi ini melakukan larung kepala kerbau di Gunung Merapi.

Masyarakat mengarak bersama sama kepala kerbau dan berbagai hasil bumi. Inti acara ini adalah dengan makan bersama dan berdoa agar tahun ini mendapat berkah dari Allah SWT. 

Baca Juga: Jalan Sehat Sambut 1 Muharam, Bertabur Hadiah hingga Pecahkan Rekor MURI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO