Tangkal Hoax, Komite Komunikasi Digital Kota Pasuruan Resmi Dikukuhkan

Tangkal Hoax, Komite Komunikasi Digital Kota Pasuruan Resmi Dikukuhkan Gus Ipul saat meresmikan kepengurusan Komite Komunikasi Digital Kota Pasuruan periode 2022-2024 di Gedung Gradhika Bhakti Praja.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kepengurusan (KKD) Kota Pasuruan periode 2022-2024 resmi dikukuhkan. Pengukuhan dipimpin opleh , Saifullah Yusuf, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Senin (31/7/2023).

Dalam sambutannya, pimpinan daerah yang kerap disapa itu menyampaikan dampak positif dan negatif perkembangan dunia digital. Di antara dampak positifnya adalah mempermudah berbagi informasi, menambah pengetahuan dan manfaat bagi masyarakat.

Namun di sisi lain, dunia digital akan membawa dampak buruk akibat informasi hoax atau berita bohong yang beredar.

“Dalam beberapa tahun terakhir ada banyak berita hoax yang beredar. ini jika tidak ditangani dengan baik dan para pelakunya semakin banyak, maka dapat mengoyak kerukunan dan persatuan. Bahkan dimanfaatkan untuk menyebar isu-isu yang memicu perkelahian sampai adu fisik, ini menunjukkan bahwa masyarakat belum sepenuhnya siap menghadapi peradaban baru,” paparnya.

Karena itu, berharap KKD Kota Pasuruan dapat berperan dalam menangkal berita hoax. Ia mengajak para komite yang baru saja dilantik untuk bersinergi dalam memberikan edukasi kepada masyarakat agar masyarakat memperoleh informasi yang akurat dan berkualitas.

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya mengajak para komite dilantik untuk mengedukasi masyarakat dalam memilih dan memilah informasi serta mengajak masyarakat memiliki kesadaran bermedia sosial. Selain itu, kita perlu bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat kinerja KKD ini,” tuturnya.

menegaskan, perlu langkah strategis agar masyarakat tidak mudah terkecoh oleh informasi yang tidak akurat. Salah satunya dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki pemerintah Kota Pasuruan.

“Mari kita imbangi pula melalui media sosial pemerintah yang kita yang miliki. Media ini memiliki kekuatan untuk memitigasi jika ada kabar-kabar hoax,” ucapnya.

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO