Wali Kota Kediri Serahkan Bantuan Modal DBHCHT 2023 untuk 1.409 Penerima di Kecamatan Mojoroto

Wali Kota Kediri Serahkan Bantuan Modal DBHCHT 2023 untuk 1.409 Penerima di Kecamatan Mojoroto Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat menyerahkan bantuan modal DBHCHT 2023 kepada salah satu warga. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, kembali menyalurkan bantuan modal (dana bagi hasi cukai hasil tembakau) tahun ini. Terdapat 1.409 penerima yang berasal dari 7 kelurahan (Bandar Lor, Bujel, Dermo, Lirboyo, Mojoroto, Pojok, dan Tamanan) di Kecamatan Mojoroto.

"Saya tanya beberapa penerima dan saya melihat semangat mereka luar biasa. Mereka semangat membesarkan usaha yang mereka jalani. Memang bantuan modal ini kita dorong agar omzet jualan meningkat dari biasanya," ujarnya di GOR Jayabaya, Senin (14/8/2023).

Ia berpesan agar penerima bantuan modal terus meningkatkan usahanya, karena sebentar lagi akan ada bandara dan jalan tol di Kediri. Hal tersebut tentu menjadikan Kota Kediri semakin ramai, sehingga pelaku UMKM diharapkan mampu memanfaatkannya.

"Dari situ saya berharap kita bisa menangkap kesempatan. Paling gampang ditangkap ya UMKM makanan atau kue untuk oleh-oleh dan dimakan langsung," tuturnya.

Tak hanya itu, Wali Kota Kediri juga berharap agar nantinya ketika usahanya sudah besar bisa mempekerjakan tetangga atau lingkungan sekitar sebagai karyawan. Hal ini bisa mengurangi pengangguran yang ada di Kota Kediri, serta menggerakkan roda perekonomian.

"Kalau besok butuh karyawan ambil tetangga sendiri saja. Tidak perlu jauh-jauh, supaya kita bisa kurangi pengangguran," pungkasnya.

Sementara itu, Risa sebagai salah satu penerima bantuan modal merasa bersyukur. Ia berencana menggunakan bantuan modal ini untuk memperbesar usahanya, seperti membeli perlengkapan yang lebih bagus untuk menunjang usahanya di bidang makanan, yakni warung penyetan.

"Tadi Pak Wali menyampaikan bahwa di Kota Kediri sebentar lagi akan semakin ramai karena ada tol dan bandara. Saya ingin bisa memperbesar dan meningkatkan usaha saya untuk bisa menangkap peluang itu. Semoga dengan bantuan modal ini omzet saya juga semakin bertambah," ujar warga Kelurahan Tamanan ini.

Penyerahan bantuan modal 2023 juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Kediri, Bagus Alit; Camat Mojoroto, Bambang Tri; kepala OPD terkait, lurah, dan tamu undangan lainnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO