Isu Penting yang Dibahas dalam KTT ASEAN 5-7 September 2023 di Jakarta

Isu Penting yang Dibahas dalam KTT ASEAN 5-7 September 2023 di Jakarta Isu Penting yang Dibahas dalam KTT ASEAN 5-7 September 2023 di Jakarta. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 akan diselenggarakan di Jakarta pada 5-7 September 2023. Perbedaan di Jakarta dengan Labuan Bajo ialah akan fokus membahas perkembangan dan penguatan kerja sama ASEAN dengan mitra eksternal.

2023 mengangkat tema "ASEAN Matters: Epicentrum of Growth". Pada ke-43 di Jakarta akan membahas beberapa isu serta melanjutkan pembahasan dari pertemuan sebelumnya.

Diantara isu-isu yang dibahas ialah mengenai penguatan kelembagaan organisasi, meliputi peningkatan sumber daya manusia masyarakat ASEAN, dialog tentang Hak Asasi Manusia serta kerja sama maritim antar negara-negara di kawasan.

Selain itu akan membahas Code of Conduct terkait Laut Cina Selatan, ASEAN Maritime Outlook, daan ASEAN Outlook in Indo Pacific (AOIP).

Pembahasan isu penting lainnya mengenai strategi pemulihan dan pembangunan kembali kawasan serta melanjutkan momentum ASEAN sebagai pusat pertumbuhan melalui integrasi ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan.

ke-43 juga akan membahas isu lanjutan dari KTT sebelumnya, salah satunya yaitu konflik kekerasan yang terjadi di Myanmar.

(ans)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO