Tim Yankes Bergerak di Pulau Raas Sumenep, Gubernur Khofifah: Wujud Program Jatim Sehat untuk Semua

Tim Yankes Bergerak di Pulau Raas Sumenep, Gubernur Khofifah: Wujud Program Jatim Sehat untuk Semua Tim Yankes Bergerak di Pulau Raas Sumenep.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Tim Pelayanan Kesehatan (Yankes) Bergerak yang diterjunkan melalui dinas kesehatan (Dinkes) merampungkan misi kesehatannya di Pulau Raas, , Sabtu (16/9/2023). Mereka telah bertugas selama 4 hari sejak Rabu (13/9/2023).

Layanan kesehatan yang diberikan Tim Yankes Bergerak ini dipusatkan di Puskesmas Raas dan Kapal Gandha Nusantara 1. Fasilitas itu merupakan dukungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur.

Yankes Bergerak sudah dilakukan sejak tahun 2019 dan Pulau Raas merupakan tujuan ke-15, sedangkan untuk 2023 Tim Yankes Bergerak telah diberangkatkan ke Pulau Sapudi (Juni 2023) dan Pulau Raas (September 2023). Nantinya, Tim Yankes Bergerak akan diterjunkan ke Pulau Kangean antara akhir Oktober atau awal November, dan Pulau Gili pada November akhir.

Atas layanan di Pulau Raas ini, Gubernur menyampaikan bahwa kehadirannya membawa misi mulia kemanusiaan, yaitu demi pemerataan layanan kesehatan di wilayah kepulauan terpencil yang kemudahan akses layanan kesehatannya tidak seperti warga di perkotaan.

"Indonesia memang negara kepulauan terbesar di dunia yang membuat beberapa daerah tidak mudah dijangkau. Tapi hak kesehatan adalah milik semua orang dan ini komitmen kami memberikan hak tersebut sampai ke kepulauan terpencil," ujarnya, Senin (18/9/2023).

Menurut dia, kehadiran tim Yankes Bergerak ini juga merupakan wujud Program Jatim Sehat yang tertuang pada Nawa Bhakti Satya. Dimana, akses kehehatan ini berlaku umum untuk semua warga Jawa Timur di manapun mereka berada.

"Layanan kesehatan akan diberikan kepada siapa saja, tidak mengenal di mana mereka tinggal," imbuhnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO