Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkot Kediri Gelar Upacara Bendera

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Pemkot Kediri Gelar Upacara Bendera Upacara Hari Kesakitan Pancasila di Balai Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - tiap tanggal 1 Oktober 2023 juga diperingati Pemkot Kediri dengan mengadakan upacara bendera, Senin (2/10/2023) pagi tadi di halaman Balai Kota Kediri.

Upacara ini diikuti Korsik Kesbangpol Kota Kediri, Brigif 16, Yonif 521 Kediri, Kodim 0809 Kediri, Brimob Yon C, Polres Kediri Kota, Satpol PP, Dinas Perhubungan, , mahasiswa dan pelajar SMP dan SMA Kota Kediri.

Peringatan tahun ini mengangkat "Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju".

Apip Permana, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Kediri, mengatakan tema itu seiring dengan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri yang berupaya menjalin kerukunan antar umat beragama dan beragam latar belakang masyarakat Kota Kediri secara kontinyu.

"Kota Kediri mendapat peringkat ke 5 indeks toleransi tertinggi tahun 2022 menurut hasil survei dari Setara Institute. Prestasi ini didapatkan karena Pemkot Kediri menjadikan Pancasila sebagai landasan dan pedoman dalam menjalankan pemerintahan di Kota Kediri," ujar Apip.

Bahkan, Pemkot Kediri menggelar doa lintas agama dalam perayaan Hari Jadi ke-1144 Kota Kediri. Doa bersama dengan peserta dari berbagai unsur agama tersebut diharapkan dapat menghasilkan hal positif seperti kerukunan, keberagaman, dan tingkat toleransi yang tinggi di Kota Kediri.

"Tujuannya supaya masyarakat Kota Kediri untuk memperkuat kehidupan masyarakat yang harmonis dan toleran dalam keberagaman. Semoga Kota Kediri ke depan bisa menjadi contoh daerah lain dalam kerukunan kehidupan bermasyarakat," harapnya.

Upacara ini dipimpin Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol Inf. Aris Setiawan selaku inspektur. Sedangkan Wakil Ketua DPRD Kota Kediri Firdaus membacakan Ikrar yang ditandatangani oleh Ketua DPR RI Puan Maharani. (uji/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO