Peringati HSN 2023, Ribuan Santri di Gresik Turut Baca 1 Miliar Shalawat Nariyah

Peringati HSN 2023, Ribuan Santri di Gresik Turut Baca 1 Miliar Shalawat Nariyah Santri di Gresik ketika membaca sholawat nariyah dalam rangka memperingati HSN 2023. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ribuan santri dari sejumlah pondok pesantren di turut membaca 1 miliar shalawat nariyah secara serentak. Pembacaan sholawat nariyah ini sesuai arahan dalam rangka memperingati (HSN) tahun ini, Minggu (22/10/2023).

Para santri tampak khidmat dan khusyuk melantunkan shalawat nariyah yang digelar secara hybrid bersama santri dan warga NU se-Indonesia. Ponpes di yang mengikuti kegiatan ini antara lain, Ponpes Qomaruddin Bungah, PPTQ Al Munawwaroh Bungah, Ponpes Al Furqon Driyorejo, Ponpes Alilliyin, Ponpes Zainal Abidin Bungah, dan Ponpes Darul Ihsan Menganti.

Ketua Rabithah Maahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) , Ahmad Mufissalam menyampaikan, pembacaan 1 miliar shalawat nariyah menjadi rangkaian agenda Hari Santri 2023 dengan tema "Jihad Santri Jayakan Negeri".

"Pembacaan 1 miliar shalawat nariyah ini merupakan rangkaian Hari Santri 2023. Dimana santri-santri dari sejumlah pondok pesantren di juga turut berpartisipasi, dan mereka begitu khidmat dan khusyuk mengikuti agenda ini," ucap Ahmad Mufissalam.

Gus Salam, sapaan akrabnya menjelaskan, yang diperingati setiap 22 Oktober, ditetapkan sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada para muassis (pendiri) dan santri yang telah turut berjuang mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Indonesia.

"Maka kita patut bersyukur, terutama santri-santri, karena para muassis dan santri-santri dahulu punya peran besar dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang biasa dikenal dengan Pertempuran 10 November 1945," tuturnya.

Dikatakan Gus Salam, pembacaan shalawat nariyah juga menjadi momentum para santri dan seluruh warga nahdliyin mendoakan saudara-saudara sesama muslim di seluruh dunia.

"Semoga dengan pembacaan shalawat nariyah ini, saudara-saudara sesama muslim di dunia diberikan keberkahan dan kedamaian," harapnya.

Sementara itu, pengurus Ponpes Zainal Abidin Bungah, Moh. Rifqi Miladi Ramadhani mengungkapkan, rasa syukur dan senang bisa mengikuti agenda pembacaan shalawat nariyah secara hybrid bersama para santri dan warga NU se-Indonesia.

"Senang sekali, semoga dengan pembacaan shalawat nariyah ini, umat muslim di dunia diberikan kedamaian dan kemakmuran. Dan para santri sebagai generasi penerus senantiasa diberikan spirit menimba ilmu di pondok pesantren,” katanya. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO