DMI Gresik Award 2023, Sejumlah Takmir Masjid dan Musala Dapat Penghargaan

DMI Gresik Award 2023, Sejumlah Takmir Masjid dan Musala Dapat Penghargaan Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah (empat dari kanan) didampingi Ketua DMI Gresik, Zainal Abidin, dan Sekdakab Gresik, Achmad Washil Miftahul Rachman, saat penyerahan penghargaan DMI Gresik Award 2023. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pimpinan Daerah (PD) Dewan Masjid Indonesia () memberikan penghargaan kepada sejumlah takmir masjid dan musala di Ruang Mandhala Bakti Praja, Minggu (29/10/2023). Penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi kepada para takmir dalam mengelola tempat ibadah dalam gelaran Award 2023.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Bupati , Aminatun Habibah atau yang akrab disapa , didampingi Ketua , Zainal Abidin, dan Sekdakab , Achmad Washil Miftahul Rachman.

mengatakan bahwa penganugerahan Award merupakan hal yang positif, sehingga dapat digunakan sebagai patokan dalam merawat masjid dan musala. Ia menyoroti kondisi lingkungan di masjid yang belum ramah anak, lantaran belum mencakup pendidikan kepada anak dan kebersihan lingkungan.

"Saya tidak ingin masjid dikunci untuk anak-anak kita. Karena mereka punya hak untuk mendapatkan pembelajaran di masjid. Sudah maklum anak-anak saat salat berjamaah menjadi makmum itu ramai, maka ingatkan. Jangan dimarahi atau diusir. Anak-anak akan menggantikan sebagai imam, takmir, pengurus dan lainnya di masjid," paparnya.

Menurut dia, masjid harus menjadi tempat yang bersih dan nyaman saat digunakan oleh masyarakat.

"Saya mohon teman-teman dari dan kecamatan, masjid dirawat betul agar dapat difungsikan dengan baik sebagai tempat pembelajaran dan keagamaan seperti pada zaman Rasulullah SAW," pinta Ketua Pimpinan Daerah Badan Koordinasi Majelis Ta’lim Masjid (PD BKMM) itu.

Sementara itu, Ketua PD , Zainal Abidin, menyatakan Award 2023 diikuti oleh 52 peserta.

"Dalam lomba ini kami menerjunkan 13 orang asesor yang kami bagi menjadi 4 zona," ucapnya kepada BANGSAONLINE.com, Senin (30/10/2023).

Ia menyebut, ada sejumlah kriteria dalam penilaian masjid untuk bisa meraih juara. Antara lain, administrasi, kegiatan masjid seperti remaja masjid (remas), lingkungan masjid yang asri, nyaman, ramah anak, kebersihan, status tanah masjid, dan lainnya.

"Dalam tahap penilaian ini kami juga mengundang takmir masjid untuk dilakukan pembinaan. Yang hadir dapat nilai. Begitu juga yang menjalankan arahan-arahan dalam pengelolaan masjid," tuturnya.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO