Anugerah Kampung Hebat Kota Pasuruan, Gus Ipul Imbau Warga Tingkatkan Aksi Peduli Lingkungan

Anugerah Kampung Hebat Kota Pasuruan, Gus Ipul Imbau Warga Tingkatkan Aksi Peduli Lingkungan Gus Ipul ketika menghadiri Pagelaran Kampung Hebat.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Salah satu upaya pemerintah kota dalam mengatasi permasalahan lingkungan adalah dengan meningkatkan peran serta masyarakat dalam program Resik yang selalu digaungkan untuk terwujudnya Kota Madinah.

Lomba bertemakan lingkungan yang rutin diadakan pemerintah kota setiap tahun memasuki puncaknya, Jumat (10/11/2023) malam. Anugrah pemenang lomba "The Best Kampung Hebat & Lomba Hias Gapura Tahun 2023" digelar meriah di area Taman Kota .

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan Kota , Samsul Rizal menyampaikan, penganugerahan ini bertujuan memberikan apresiasi kepada masyarakat yang telah melakukan upaya untuk mengolah lingkungannya menjadi asri dan bersih. Serta menciptakan semangat gotong royong untuk menciptakan kebersihan lingkungan.

"Ada dua lomba yaitu hias gapura yang diikuti 25 kelurahan dan lomba yang melombakan kembali juara-juara di tahun sebelumnya untuk melihat keberlanjutan kebersihan kampung tersebut dengan peserta sebanyak 24 kelurahan," ujar Samsul.

"Pemerintah Kota mengapresiasi kegiatan ini karena dapat memberikan kesempatan kepada setiap kelurahan untuk kreatif dan inovatif. Dan juga mengapresiasi peran serta masyarakat yang berhasil meningkatkan lingkungan mereka menjadi bersih, hijau, asri dan lestari", ucap Walikota Saifullah Yusuf () dalam kesempatan," tambahanya.

Sementara itu, Wali Kota , Siafullah Yusuf () menyamapikan, perubahan daerah dipacu seiring adanya pembangunan. Salah satunya, pengelolaan lingkungan yang bersih, sehat dan asri. Karena itu, ia meminta pengelolaan lingkungan harus dimulai dari cakupan kecil.

"Membangun integritas itu dari hal kecil, jadi mengerjakan sesuatu harus sama ketika dilihat orang lain atau tidak. Kita semua harus berbenah, dimana kemampuan untuk memberikan sesuatu yang berbeda harus menjadi kesadaran kita bersama," urainya.

kembali menghimbau untuk tetap menjaga konsistensi dalam pengelolaan lingkungan. Hal ini dilakukan demi menyalakan api semangat kompetisi dalam pelaksanaan lomba di tahun depan khususnya bagi kelurahan yang belum berkesempatan juara.

"Prestasi harus dibuat dengan kerja keras, semuanya melalui proses yang membutuhkan konsentrasi, konsistensi, kedisiplinan, kolaborasi dan kebersamaan. Mari kita mulai dari diri kita agar ini menjadi berbeda," ajaknya.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO