Gus Iwan Ajak FJN Perkuat Literasi di Kalangan Pelajar NU

Gus Iwan Ajak FJN Perkuat Literasi di Kalangan Pelajar NU Gus Iwan saat menerima FJN Award 2023 dari pengurus Forkom Jurnalis Nahdliyin. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Nahdlatul Ulama () adalah organisasi keagamaan dengan jumlah pengikut terbesar di Nusantara. Demikian pula di Jawa Timur yang merupakan tempat kelahiran . Namun budaya literasi di dinilai masih lemah.

Pernyataan itu disampaikan Gus Ahmad Iwan Zunaih, Rektor Institut Pesantren Sunan Drajat (Insud) . Karena itu, ia mendorong peningkatan literasi dikalangan nahdliyin.

"Saya berharap Forkom Jurnalis sebagai bagian intelektual ikut memperkuat literasi di kalangan pelajar ," ujarnya di Surabaya, Senin (20/11/2023).

Tokoh Muda Inspiratif 2023 versi Forkom Jurnalis ini berharap ada penguatan literasi di . Karena itu ia berharap sebagai perkumpulan jurnalis nahdliyin ikut berperan memperkuat literasi di lingkungan .

Wakil Bendahara PW Jawa Timur ini mengungkapkan, bisa melakukan penguatan literasi di kalangan pelajar . Sebab, memiliki banyak lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan lembaga Ma'arif .

" bisa berkontribusi dalam penguatan literasi di lingkungan , diantaranya dengan memberikan pelatihan jurnalistik di kalangan pelajar . Saya berharap budaya menulis menjadi tradisi di kalangan generasi ," ujar Anggota DPRD Jatim dari Fraksi NasDem tersebut.

Sementara itu, Muhamad Didi Rosadi, Ketua Umum mengapresiasi saran dari Gus Iwan. Menurutnya, selama ini sudah melakukan gerakan penguatan literasi, tapi masih sebatas di kalangan mahasiswa dan santri.

"Usulan Gus Iwan itu bagus, akan segera kita tindaklanjuti," tutur pria yang akrab disapa Diday itu.

Terkait apresiasi Tokoh Muda Inspiratif 2023 yang diberikan kepada menantu Kiai Abdul Ghofur pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat itu, Diday mengatakan Gus Iwan memberi inspiratif bagi generasi muda . Ia kader yang komplet, kiai muda, akademisi dan politisi.

"Gus Iwan salah satu yang menginisiasi Perda Pondok Pesantren di Jawa Timur. Kontribusinya sebagai wakil rakyat juga signifikan terutama di Gresik dan yang merupakan daerah pemilihannya," pungkas jurnalis koran terbitan Surabaya ini. (sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Gila NU dan Orang NU Gila, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (16)':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO