Dorong Kemajuan UMKM, Pemkot Kediri Fasilitasi Sertifikasi Halal Melalui Program Sehati

Dorong Kemajuan UMKM, Pemkot Kediri Fasilitasi Sertifikasi Halal Melalui Program Sehati Kepala Dinkop UMTK Kota Kediri Bambang Priyambodo (dua dari kanan) saat memberi sambutan. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka meningkatkan kualitas produk serta mendorong percepatan program sertifikasi halal, Pemerintah Kota Kediri melalui dinkop UMTK menyelenggarakan sosialisasi dan pendaftaran sertifikasi halal gratis (sehati) tahap II, Kamis (23/11/2023) di salah satu hotel.

Kepala Dinkop UMTK Kota Kediri, Bambang Priyambodo, dalam sambutannya menyampaikan sertifikasi halal merupakan salah satu legalitas produk yang penting untuk dimiliki para pengusaha makanan dan minuman. Hal ini sesuai amanat Undang-Undang nomor 33 tahun 2014.

"Dalam UU dijelaskan bahwa produk yang masuk, beredar, dan diperdagangkan di Indonesia wajib bersertifikasi halal. Apalagi adanya kebijakan pemerintah tentang produk makanan dan minuman yang wajib memiliki sertifikasi halal sampai bulan Oktober 2024. Tentu hal itu menjadi perhatian kita dan ini salah satu strategi yang kita lakukan," tuturnya.

Menurut Bambang, pihaknya menggandeng satgas sertifikasi halal dari Kemenag Kota Kediri dalam sosialisasi tahap II yang diikuti 60 pelaku UMKM. Sebelumnya, sosialisasi tahap I sudah digelar pada bulan Februari 2023 lalu.

Hingga saat ini, dinkop UMTK sudah memfasilitasi 586 pelaku usaha memperoleh sertifikat halal.

"Pemkot Kediri akan terus mencari terobosan dengan menggandeng berbagai mitra untuk memfasilitasi segala macam bentuk penguatan bagi para pelaku UMKM. Dari Pemkot Kediri sudah memfasilitasi, jadi panjenengan juga harus sportif dan semangat," imbuhnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO