Kepala Dinkes Trenggalek: Anak TK/PAUD Hendaknya Dibekali Makanan Bergizi

Kepala Dinkes Trenggalek: Anak TK/PAUD Hendaknya Dibekali Makanan Bergizi Kepala Dinkes Trenggalek, Sunarto, saat memberi pemaparan.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) , Sunarto, memaparkan soal bekal bergizi bagi anak-anak yang duduk di TK maupun .

Ia mengatakan bahwa bekal bagi anak-anak TK maupun hendaknya berupa makanan yang bergizi dan jangan biarkan mereka mengonsumsi makanan sesukanya. Disebutkan beberapa tips bagaimana anak terbiasa makan di sekolah, dan tak lepas dari bekalnya.

“Yang pertama pilihlah buah atau sayur. Jadi buah atau sayur ini sangat diperlukan untuk nutrisi seimbang pada anak-anak,” ujarnya, Kamis (20/10/2023).

Menurut dia, buah dan sayur banyak mengandung nutrisi dan serat yang sangat baik bagi pencernaan anak. Dalam satu hari, kata Sunarto, anak memerlukan 300 hingga 400 gram buah dan sayur.

Selain itu, kebutuhan lemak harian bagi anak juga harus tercukupi. Kendati demikian, ia mengingatkan agar pemberian lemak harian tidak berlebihan seperti gorengan yang banyak mengandung lemak jenuh.

“Tapi kebutuhan anak juga harus dipenuhi, misalnya dengan mengonsumsi ikan salmon, tongkol dan lain sebagainya, itu sangat bagus untuk pertumbuhan anak,” tuturnya.

Sunarto pun meminta orang tua untuk melengkapi anak dengan nutrisi seperti biji-bijian, tapi tidak diolah dengan tepung. Dengan mengonsumsi biji-bijian, pertumbuhan gigi pada anak akan terbantu.

Kemudian, berikan anak dengan minuman yang sehat, bukan yang dingin dan terlalu manis. Ia menyarankan agar anak-anak diberi minuman sehat seperti air putih dan susu.

Sunarto pun mengingatkan agar tidak memberi minuman dalam kemasan atau kaleng kepada anak-anak, karena mengandung natrium yang berlebihan. Ia meminta kepada orang tua untuk memberikan bekal dengan gizi yang berimbang, seperti protein hewani, buah, sayur dan bahan karbohidrat.

“Mungkin di sekolah bisa diterapkan membawa bekal secara tematik,” katanya. (adv/man/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sakit Hati Gara-Gara Diselingkuhi Istri, Rumah ini Dihancurkan Suami':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO