Mengintip Pesona Air Terjun Dolo di Lereng Gunung Wilis

Mengintip Pesona Air Terjun Dolo di Lereng Gunung Wilis Air Terjun Dolo, salah satu tempat wisata alam andalan Kabupaten Kediri. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten ternyata banyak menyimpan pesona wisata buatan maupun alam. Salah satu wisata alam yang mempesona tersebut adalah Air Terjun Dolo yang berada di lereng Gunung Wilis, tepatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo.

Berada di ketinggian 1.800 mdpl, Air Terjun Dolo punya daya tarik tersendiri, karena di sekitarnya terdapat pemandangan alam yang menakjubkan. Dari Terminal Bus Tamanan, Kota , Air Terjun Dolo ini berjarak sekitar 30 km ke arah barat. 

Jalan menuju ke Air Terjun Dolo ini sudah mulus dan pemandangan hutan pinus di kanan-kiri jalan, akan menambahkan indahnya perjalanan. Memang, untuk menuju ke lokasi wisata air terjun, pengunjung harus berjuang keras, karena harus menuruni seribu anak tangga dengan jarak sekitar 1 Km, dari area parkir.

Bagi orang muda, berjalan sejauh satu kilometer dengan menyusuri seribu anak tangga, barangkali tidak menjadi soal. Tapi bagi para lansia, menuruni dan menaiki seribu anak tangga tentu menjadi tantangan tersendiri.

Tapi, perjuangan keras untuk bisa mencapai lokasi, akan terbayar lunas, ketika pengunjung akan mendekati air terjun. Suara gemericik air terjun yang terdengar, ditambah kicauan burung dan hembusan angin yang sejuk, seketika akan mengobati rasa lelah usai menuruni seribu anak tangga.

Tiba di lokasi air terjun, pengunjung bisa menikmati keindahan Air Terjun Dolo yang berada di bagian timur lereng Gunung Wilis dan memiliki ketinggian sekitar 125 meter.

Hendro, petugas kebersihan di kawasan Air Terjun Dolo, mengatakan, sejak dibuka kembali usai ditutup karena Covid-19 lalu, pengunjung terus bertambah setiap waktu, terutama pada hari Sabtu-Minggu atau hari libur.

"Alhamdulillah, pengunjung wisata Air Terjun Dolo terus bertambah, usai pandemi covid-19 lalu, " ujar pria yang mengaku sudah bekerja sebagai petugas kebersihan sejak 2004, Minggu (31/12/2023).

Meski berada di lereng gunung, pengunjung wisata Air Terjun Dolo tidak perlu khawatir soal makan dan minum, karena di sekitar air terjun tersedia warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman. Soal toilet juga tidak perlu dikhawatirkan, karena juga sudah tersedia.

Pengunjung juga bisa menikmati makanan dan minuman di warung dan kafe yang menyajikan berbagai macam menu makanan dan minuman, bahkan sekelas kambing guling juga tersedia, tapi harus pesan dulu. Warung dan kafe itu adalah warung Batu Tulis dan Cafe Prongos. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO