Tanam Sejuta Pohon, Pemkab Madiun Harapkan Kesadaran Masyarakat Turunkan Pemanasan Global

Tanam Sejuta Pohon, Pemkab Madiun Harapkan Kesadaran Masyarakat Turunkan Pemanasan Global Pj Bupati Madiun, Tontro Pahlawanto, saat menanam pohon.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Penanaman satu juta pohon sedunia yang diperingati setiap 10 Januari merupakan salah salah satu upaya penyelamatan hutan serta pelestarian lingkungan. Aksi tersebut juga dilakukan oleh Pemkab di Desa Sirapan, Kamis (11/1/2024).

Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan lingkungan yang sehat, sejuk, dan asri, senada dengan pemaparan dari Pj Bupati, Tontro Pahlawanto. Ia mengajak masyarakat untuk terus melestarikan tanaman yang telah berperan penting dalam kehidupan manusia, hal itu juga diharapkan bisa mengatasi pemanasan global.

"Ini sebagai langkah awal pemerintahan daerah memberikan percontohan kepada masyarakat agar mampu mengelola ekosistem di Kabupaten, salah satunya dalam rangka untuk mengatasi pemanasan global," paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten, Muhammad Zahrowi, menyatakan ada berbagai jenis tanaman yang ditanam pada kesempatan ini. Ia pun berharap agenda serupa juga dilaksanakan di setiap desa yang ada di Kabupaten.

"Hari ini di Desa Sirapan, sejumlah 2.500 tanaman dengan berbagai jenis. Ada yang buah, kemudian tanaman perindang, kemudian hias seperti tabebuya. Bersama dengan masyarakat di Desa Sirapan di kanan kiri jalur protokol ini," ucapnya.

"Karena menanam pohon juga dapat menjaga kestabilan iklim. Setelah tumbuh, pohon juga membantu mencegah banjir atau erosi. Selain itu, dapat menjadi sumber makanan dan tempat tinggal bagi hewan," imbuhnya. (dro/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO