Pimpin Apel Siaga Pengawas Pemilu, Pj Wali Kota Kediri Ingatkan Pencopotan APK

Pimpin Apel Siaga Pengawas Pemilu, Pj Wali Kota Kediri Ingatkan Pencopotan APK Pj Wali Kota Kediri, Zanariah saat memberi sambutan. (Ist).

KOTA K EDIRI, BANGSAONLINE.com - Memasuki masa tenang pemilu 2024, Pj Wali Kota Zanariah mempimpin apel siaga pengawas pemilihan umum tahun 2024 se-Kota Kediri bertempat di Lapangan Mojoroto, Kota Kediri, Sabtu (10/2/2024).

Dalam sambutannya, Zanariah mengingatkan bahwa mulai besok (Minggu, 11/2/2024) tahapan pemilu telah memasuki masa tenang. Sesuai UU RI nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum, pada masa tenang, tidak ada publikasi apapun yang mengarah pada kepentingan kampanye.

"Alat peraga kampanye juga dipastikan dicabut. Selain itu kegiatan kampanye langsung, intimidasi, bahkan serangan fajar atau politik uang juga tidak diperbolehkan," ucap Zanariah.

Menurutnya, untuk menciptakan suasana kondusif selama masa tenang, seluruh bagian pengawas pemilu diharapkan berkomitmen menegakkan peraturan yang ada.

Intensitas patroli pengawasan selama masa tenang perlu ditingkatkan. Di samping itu, memastikan di TPS tidak ada kecurangan dan manipulasi suara dalam bentuk apapun.

Zanariah juga meminta para panwaslu dan PTPS tetap netral, profesional, dan berintegritas dalam menjalankan tugas.

"Hindari segala bentuk intervensi serta konflik kepentingan yang mungkin didapatkan selama bertugas. Jalin koordinasi dan komunikasi intens dengan panwaslu kelurahan, petugas KPPS, linmas, TNI, dan Polri," pesannya.

"Tak kalah penting, jaga kesehatan dan penuhi asupan tubuh dengan suplemen atau vitamin," tutupnya.

Pembukaan apel siaga pengawas pemilihan umum ini ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Pj Wali Kota Kediri, forkopimda, Ketua Bawaslu Kota Kediri, dan Ketua KPU Kota Kediri.

Hadir dalam apel ini Kapolres Kediri Kota AKBP Bramastyo Priaji, Dandim 0809 Letkol Inf Aris Setiawan, Ketua Bawaslu Kota Kediri Yudi Agung Nugraha, Ketua KPU Kota Kediri Pusporini Endah Palupi, panitia pengawas pemilu kecamatan dan kelurahan, dan pengawas TPS se-Kota Kediri. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO