Berapakah Anjuran Porsi Konsumsi Buah dalam Sehari? Simak Penjelasan WHO

Berapakah Anjuran Porsi Konsumsi Buah dalam Sehari? Simak Penjelasan WHO Berapakah Anjuran Porsi Konsumsi Buah dalam Sehari? Simak Penjelasan WHO. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Buah sangat berperan dalam mencukupi asupan mikronutrien yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu perlu memperhatikan anjuran porsi buah untuk dikonsumsi dalam sehari oleh orang dewasa maupun anak-anak.

"Ada yang namanya piramida makanan, dari situ bisa dilihat kalau kebutuhan buah itu adalah dua sampai tiga porsi per hari, itu minimal," jelas Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Universitas Indonesia dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.G.K.

Dokter Diana menjelaskan juga bahwa porsi buah untuk anak berusia di atas lima tahun hampir sama dengan orang dewasa.

"Jadi kalau makan apel ya apel satu porsi. Kalau mau apel sama pir, boleh separuh-separuh. Untuk anak pun dua sampai tiga porsi sehari, sama," ujarnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), takaran porsi konsumsi buah sekitar 50 gram. Dalam sehari, Anda bisa mengonsumsi 150 gram buah.

"Untuk porsi, misal jeruk, ya satu jeruk. Jambu, satu jambu. Tapi kalau buah yang besar, kita makan pepaya, melon, semangka, itu kira-kira satu slice (irisan) kaya di tukang buah," jelasnya.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO