Pertarungan Sengit Dapil Neraka Jatim VIII, Inilah Suara Caleg Terbesar DPR RI

Pertarungan Sengit Dapil Neraka Jatim VIII, Inilah Suara Caleg Terbesar DPR RI Gedung DPR/MPR RI tempat para anggota DPR RI yang terhormat sekaligus tampat menyampaikan aspirasi mahasiswa dan rakyat. Tapi jika aspirasi tersumbat gedung megah itu justru diduduki para demonstran. Tampak gedung DPR RI sedang duduki mahasiswa yang menuntut Presiden Soeharto lengser pada 1998.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Timur VIII untuk calon anggota DPR RI benar-benar menjadi dapil neraka. Pertarungan sangat sengit karena banyak caleg incumbent sekaligus tokoh nasional berkantong tebal. 

Bahkan di antara mereka ada seorang triuliuner. Yaitu . Owner atau pemilik Maskapai Penerbangan Lion Air ini menjadi caleg nomor 1 dari Partai Kebangkitan Bangsa ().

Dapil VIII adalah daerah pemilihan yang meliputi Kabupaten Mojokerto, Kota Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, dan Kota Madiun.

Yang menarik, meski dikenal sebagai pengusaha besar, tapi raihan suaranya (untuk sementara) tak otomatis besar. Bahkan ia menempati ranking lima. 

Pantauan BANGSAONLINE.com di laman KPU RI, suara caleg paling tinggi di Dapil VIII (untuk sementara) diraih Muhammad Habibur Rochman. Yaitu caleg nomor 1 Nasdem. 

Putra Prof. Dr. KH Asep Saifuddin Chalim, M.A., Pengasuh Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto itu, saat berita ini ditulis pukul 15.17 WIB, Ahad (18/2/2024) meraih 66.843 suara.

Suara terbesar kedua diraih Yahya Zaini, caleg nomor 1 Partai Golkar. Politikus asal Bawean Gresik itu meraih 58.066 suara untuk sementara.

Sedangkan suara terbesar ketiga diraih Muhtarom caleg nomor 10 . Mantan Bupati Madiun dua periode yang juga caleg incumbent itu meraih 56.639 suara untuk sementara.

Yang menarik, suara terbesar keempat ditempati Meitri Citra Wardani caleg nomor 1 Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Ini mengejutkan karena pada Pemilu 2019 PKS tidak meraih kursi di dapil VIII. Meitri Citra Wardani meraih 53.479 untuk sementara.

menempati ranking kelima dalam raihan suara calon anggota DPR RI di dapil VIII. Pengusaha etnis Tionghoa yang mantan Duta Besar (Dubes) Malaysia dan pernah menjabat Wakil Ketua Umum itu meraih 51.430 suara untuk sementara.

Suara terbesar keenam diraih Sadarestuwati, caleg nomor 1 . Caleg incumbent itu meraih 45.251 suara untuk sementara.

Sedangkan suara terbesar ketujuh diraih Abdul Halim Iskandar alias Gus Nanang. Kakak kandung Muhaimin Iskandar yang kini menjabat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, itu meraih 43.213 suara.

Suara terbesar kedelapan diraih Abdul Hakim Bafaqih caleg nomor 1 Partai Amanat Nasional (PAN). caleg incumbent itu meraih suara 39.147 untuk sementara.

Sedangkan suara terbesar kesembilan diraih Bimantoro Wiyono caleg nomor 2 Partai Gerindra. Caleg incumbent ini meraih 39.021 suara. Namun suara Bimantoro saling kejar dengan suara Mohammad Irfan Yusuf, caleg nomor 1 Gerindra. Gus Irfan – panggilan putra KHM Yusuf Hasyim itu - meraih 38.657 suara untuk sementara.

Caleg lain yang suaranya juga tinggi adalah Ayu Airlangga. Caleg nomor 2 Partai Golkar itu mencapai 38.189 suara.

Di bawah mereka adalah Ita Triwibawati caleg nomor 2 Partai Nasdem. Ita meraih 38.089 suara untuk sementara.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO