Hadiri HUT ke-64 Kaisar Jepang, Pj. Gubernur Adhy Dorong Penguatan Kerja Sama Lintas Sektor

Hadiri HUT ke-64 Kaisar Jepang, Pj. Gubernur Adhy Dorong Penguatan Kerja Sama Lintas Sektor Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono (kiri) saat menghadiri perayaan HUT ke-64 Kaisar Jepang Naruhito di JW Marriott Hotel Surabaya, Rabu (21/2) malam.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Naruhito di JW Marriott Hotel Surabaya, Rabu (21/2) malam kemarin, dihadiri Pj. Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono.

Secara khusus, Pj Gubernur Adhy menyampaikan doa dan harapan terbaik kepada Kaisar Naruhito yang secara resmi merayakan hari lahir pada tanggal 23 Februari besok.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan masyarakat Jawa Timur mengucapkan selamat ulang tahun ke 64 untuk paduka yang mulia Kaisar Naruhito. Teriring doa semoga panjang umur, selalu diberikan kesehatan dan kebahagiaan,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Adhy menyampaikan sinergi dan kerja sama antara Jepang dan Indonesia yang sudah berjalan sangat baik selama 65 tahun ke belakang.

Begitu pula kerja sama antara Provinsi Jawa Timur dan Jepang. Salah satu bentuk sinergitas tersebut terwujud dengan adanya sister province antara dan Jawa Timur yang terjalin sejak tahun 1984.

Selama 40 tahun tersebut telah banyak program dan kegiatan yang telah dilakukan di sektor pengembangan SDM, pendidikan, pemberdayaan masyarakat, dan sosial budaya.

“Kerja sama sister province ini telah membawa banyak manfaat bagi kedua provinsi, maka kami juga bermaksud akan mendiskusikan kembali kemungkinan revitalisasi hubungan kerja sama tersebut,” imbuhnya.

Di sisi ekonomi, Jepang merupakan negara nomor 1 yang menjadi tujuan ekspor Jawa Timur sejak tahun 2019. Sempat menjadi nomor 2 pada tahun 2022, namun di tahun 2023 kembali menjadi negara nomor 1 tujuan ekspor produk-produk Jawa Timur.

“Neraca perdagangan Jawa Timur - Jepang pada 2023 mengalami surplus bagi Jawa Timur sebesar US$1,390 juta,” imbuhnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO