Di HUT ke-105 Damkar dan Penyelamatan Nasional, Pj Gubernur Jatim Ucapkan Terima Kasih

Di HUT ke-105 Damkar dan Penyelamatan Nasional, Pj Gubernur Jatim Ucapkan Terima Kasih Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, saat menghadiri HUT ke-105 Damkar dan Penyelamatan di Lapangan Kodam V/Brawijaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, mengapresiasi peran seluruh personel Damkar (pemadam kebakaran) dan penyelamatan yang telah berkontrobusi mewujudkan keamanan dan kondusivitas di Jawa Timur. Sebab, mereka adalah orang-orang yang penuh dedikasi membaktikan dirinya demi menyelamatkan orang lain.

Hal tersebut secara khusus disampaikan saat menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-105 Damkar dan Penyelamatan yang dipimpin langsung Menteri Dalam Negeri (), Jenderal Polisi (Purn) Muhammad Tito Karnavian di Lapangan Kodam V Brawijaya, Jumat (1/3/2024).

“Saya ucapkan terima kasih dan rasa bangga. Utamanya kepada tim yang telah memberikan dedikasi terbaik dan penuh integritas dalam memberikan perlindungan dan penyelamatan ke masyarakat. Baik dari hal kecil hingga yang memang sangat memerlukan,” kata Adhy.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bahwa profesionalitas dan integritas penting untuk dimiliki oleh Satuan Damkar dan Penyelamatan. Sebab mereka harus bertugas di medan yang berbahaya dan tak mengenal waktu.

“Seluruh ikhtiar harus beriringan dengan tujuan besar yakni Jatim aman, kondusif dan guyub rukun,” tuturnya.

Sejauh ini, melalui Satpol PP Prov Jatim, juga telah melakukan pembinaan aparatur damkar agar makin andal dalam bertugas. Hal ini penting demi memberikan pembekalan dan memastikan personel yang turun ke lapangan adalah orang-orang yang andal dan terlatih.

“Tidak lupa, pembinaan tersebut juga mendorong agar para petugas bisa berperan aktif dalam mengisi data kebakaran dan penyelamatan melalui aplikasi Sijalinmaja. Sehingga masyarakat bisa memantau secara real time,” urai Adhy.

Ia pun turut mendukung instruksi Menteri Dalam Negeri yang menginginkan kepala daerah agar segera membentuk Dinas Damkar mandiri di tiap-tiap Kabupaten/Kota. Sebab satuan ini sangat penting yang harus terkoordinasi dengan baik.

“Instruksi itu akan kami kaji di Jatim untuk bisa menempatkan keputusan yang paling tepat. Sebab kita tau kalau ada bencana kebakaran dan penyelamatan, kuncinya adalah kecepatan dan ketepatan waktu. Maka tak hanya keberadaan satuannya yang penting tapi sebarannya juga harus ditata agar mereka sewaktu-waktu bisa cepat menjangkau sasaran," tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Adhy Karyono berkesempatan menyerahkan hadiah dalam ajang National Fire Fighter Skill Competition kategori Leader Pitching kepada juara I, II dan III. Adapun ajang ini melombakan sebanyak 3 kategori yakni Survival, Leader Pitching dan Hose Laying. Kemudian juga ada Penghargaan Juara Favorit kepada Kota Semarang dan Juara Umum kepada Kota Bekasi.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO