Pulihkan Konservasi Pasca-Kebakaran Hutan, Bupati Mojokerto Tanam 1.000 Bibit Buah di Begaganlimo

Pulihkan Konservasi Pasca-Kebakaran Hutan, Bupati Mojokerto Tanam 1.000 Bibit Buah di Begaganlimo Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, dalam giat penanaman pohon di kawasan rawan longsor, Desa Begaganlimo.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Kecamatan Gondang bakal menjadi produsen buah-buahan. Sebanyak 1.000 pohon durian, jambu, alpukat, dan kelengkeng ditanam Bupati Mojokerto, Ikfina Fatmawati, dalam baksos menyambut Hari Jadi ke-731 Kabupaten Mojokerto bersama BPBD Jaitm, Rabu (6/3/2024).

Desa Begaganlimo menjadi lokasi penanaman 250 bibit durian, 250 bibit jambu, 250 bibit alpukat, dan 250 bibit kelengkeng. Upaya mitigasi pascakebakaran hutan dan lahan dilakukan bersama Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, dan sejumlah pejabat terkait.

"Ini adalah penjaminan pemenuhan hak masyarakat yang terkena bencana serta pemulihan kondisi dari dampak bencana," kata Ikfina

Pada 2023, Kabupaten Mojokerto mengalami bencana kebakaran hutan dan lahan seluas kurang lebih 1.800 hektare yang meliputi hutan produksi, lindung, maupun konservasi.

"Upaya ini untuk memulihkan pasca bencana kebakaran hutan dan lahan serta pengurangan risiko bencana tanah longsor. Mengingat Desa Begaganlimo, salah satu kawasan rawan longsor," urai Ikfina.

Pelaksanaan penanaman 1.000 bibit pohon ini akan dilakukan secara bertahap selama 4 bulan berturut-turut, Maret, April, Mei, saat memperingati HUT Kabupaten Mojokerto. Selain mitigasi, buah ini untuk meningkatkan perekonomian di daerah Desa Begaganlimo. (yep/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO