Gelar Megengan di Grahadi, Pj Gubernur Jatim Janji Geber Pasar Murah selama Ramadan

Gelar Megengan di Grahadi, Pj Gubernur Jatim Janji Geber Pasar Murah selama Ramadan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Layaknya masyarakat Jawa Timur kebanyakan, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur menggelar tradisi megengan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (8/3) malam.

Pada undangan yang hadir, Adhy memaparkan makna dari digelarnya tradisi hingga sajian utama berupa apem yang mesti selalu ada di setiap kenduri yang diadakan masyarakat Jatim.

"Apem sendiri berasal dari bahasa Arab, yaitu afuwwun yang artinya maaf. Sehingga menjelang Ramadan ini kita diharapkan bisa saling memaafkan," kata Adhy Karyono menjelaskan.

Pj. Gubernur juga menyampaikan arti megengan dalam Bahasa Jawa yakni menahan. Dia berharap melalui tradisi ini mampu menjadi pengingat bagi semua agar dapat menahan berbagai godaan yang datang saat menjalankan ibadah puasa nanti.

"Semoga kita bisa menahan dari segala godaan di bulan Ramadan nanti. Mudah-mudahan kita dijauhkan dari segala bentuk perbuatan yang bisa menggugurkan ibadah puasa kita," tutur Adhy berharap.

Padaa kesempatan yang baik ini, Pj. Gubernur Adhy mengajak semua memanfaatkan momen untuk saling memaafkan. Tujuannya agar semua memiliki hati yang bersih dalam menjalankan segala ibadah di bulan Ramadan.

"Mudah-mudahan kita dapat memanfaatkan ibadah puasa ini dengan baik, dan dapat meningkatkan iman dan taqwa," harapnya.

Pj. Gubernur Adhy menyampaikan, pihaknya bersama jajaran Pemprov Jatim akan melaksanakan agenda Safari Ramadan. Pelaksanaan Safari Ramadan tersebut juga akan disertai dengan agenda operasi pasar murah.

"Kami ingin ini sejalan dengan bagaimana kita untuk mengatasi pengendalian inflasi, maka seyogianya setiap ada Safari Ramadan di titik di mana pun," tegasnya.

"Saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa. Mudah-mudahan dengan acara ini kita berikan kekuatan kesehatan untuk bisa menjalankan ibadah puasa," tutup Adhy mengakhiri sambutannya. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO