Perbandingan antara Kompor Portabel hingga Parafin, Mana yang Lebih Efisien untuk Mendaki Gunung?

Perbandingan antara Kompor Portabel hingga Parafin, Mana yang Lebih Efisien untuk Mendaki Gunung?

BANGSAONLINE.com - Perkembangan zaman selalu membawa penemuan baru, tak terkecuali kompor. Saat ini, banyak jenis kompor portabel yang dijual di pasaran. Tujuannya untuk memberikan inovasi baru dan kemudahan saat di gunung.

Tapi apakah benar kompor portabel lebih unggul?

Mari kita bandingkan antara kompor portable, parafin, dan spiritus. Mana yang lebih efisien digunakan saat mendaki gunung. Untuk tahu lebih jelasnya, mari kita bahas bersama.

Kompor Portable

Kompor portabel paling sering digunakan pendaki saat ini, bentuknya ada yang bulat dan kotak. Penggunaan kompor portabel cukup simpel. Bahan bakar yang digunakan kompor ini juga banyak tersedia di minimarket. Harga kompor portabel berkisar Rp100-150 ribu. Sementara untuk gasnya biasa dibanderol antara Rp20-25 ribu.

Keunggulan dari kompor portabel adalah api yang dihasilkan berwarna biru yang akan mempercepat proses memasak sehingga cepat matang. Selain itu, besar kecilnya api juga dapat disesuaikan.

Namun yang menjadi kekurangannya adalah penggunaan dari gas portabel akan menghasilkan sampah. Walaupun bisa didaur ulang, faktanya tidak semua sampah kaleng sisa gas ini terdaur ulang.

Gas dari kompor ini juga bisa meledak jika kalian menyimpannya di tempat yang panas. Maka, perhatikan suhu di tempat kalian menyimpan.

Selain itu, jika kita bepergian menggunakan transportasi kereta, petugas akan melarang kita membawa gas dari kompor portabel ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO