Pemkot Mojokerto Mulai Jajaki Penggunaan e-Purchasing

Pemkot Mojokerto Mulai Jajaki Penggunaan e-Purchasing Puluhan peserta rakor sosialisasi penggunaan carikatalog.id di Kelurahan Jagalan, Kota Mojokerto. Foto: YUDI EKO PURNOMO/BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Bagian Pembangunan dan PBJ menggelar rakor dan sosialisasi penggunaan CariKatalog.id. Kegiatan yang diikuti 58 OPD dan Pejabat Pembuatan Komitmen (PPK) di Kelurahan Jagalan itu diharapkan dapat percepatan proses e-katalog konstruksi.

"Sosialisasi ini membantu PPK dalam percepatan proses e-katalog khususnya e-katalog konstruksi," kata Kepala Bagian Pembangunan, dan PBJ , Febri Emayanti, Kamis (28/03/2024).

Denny I Lesmana dari PBJ Pemkab Sidoarjo tampil sebagai narasumber dari rakor bersama OPD yang punya paket konstruksi pemeliharaan, maupun pembangunan. Febri menjelaskan, tujuan penggunaan carikatalog untuk mempermudah PPK dalam tahap persiapan pelaksanaan e-katalog. 

"Kewajiban PPK dalam pekerjaan katalog adalah pengumpulan referensi harga. Kalau dulu namanya HPS (Harga Perkiraan Sendiri). Dengan maka proses lebih cepat. Kalau manual bisa 5-7 hari untuk pengumpulan referensi. Dengan aplikasi ini hanya 3 hari," paparnya.

"PPK diuntungkan dengan pelaksanaan metode baru ini karena lebih mempermudah akses produk yang ditayangkan penyedia, dan siap untuk melaksanakan proses e-katalog konstruksi. Dengan penggunaan carikatalog nantinya tidak lagi melalui Pokja PBJ tapi langsung dilaksanakan oleh OPD melalui PPK. Mulai tahap persiapan, pelaksanaan, dan penayangan di e-katalog lokal," imbuhnya.

Apabila selesai, kata Febri, maksimal awal April 2024 sudah ada 2 paket pekerjaan yang ditayangkan, yakni pembangunan Kantor Kelurahan Kranggan dan fasilitas penunjang kolam retensi. Dengan demikian, penyedia bisa mempunyai kesempatan 3 hari sejak diumumkan untuk memasukkan penawaran harga melalui e-katalog lokal.

Untuk proses pengadaan barang jasa tahun 2024, disebutkan bahwa Pokja PBJ berperan sebagai pendamping serta pengawasan.  Sedangkan untuk bagian PBJ telah membuka clearing house yang berfungsi untuk konsultasi pendamping dan monitoring.

"Keunggulan dari carikatalog adalah waktu yang cepat dari proses tender. Kalau tender 30 hari kalau katalog maksimal 1 minggu," pungkasnya. (yep/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO