Jelang Mudik Lebaran, Pj Wali Kota Kediri Pantau Ramp Check di Terminal Tamanan dan Kunjungi Stasiun

Jelang Mudik Lebaran, Pj Wali Kota Kediri Pantau Ramp Check di Terminal Tamanan dan Kunjungi Stasiun Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat melakukan ramp check di Terminal Tanaman. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com , Zanariah, melakukan ramp check atau inspeksi keselamatan terhadap kendaraan umum angkutan Lebaran tahun ini di Terminal Tamanan, Selasa (2/4/2024).

Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan keselamatan transportasi menjelang mudik lebaran tahun 2024. Ramp check juga untuk memastikan terwujudnya keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) khususnya angkutan umum penumpang.

Menurut Badan Kebijakan Transportasi , prediksi pergerakan masyarakat pada Idulfitri 1445 H nanti ada 71,7 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sebanyak 193,6 juta orang. Data tersebut meningkat 56,38 persen dari tahun 2023 sebanyak 123 juta orang.

Di Jawa Timur sendiri ada 16,2 persen atau sekitar 31,3 juta orang, dan berada di peringkat pertama untuk pergerakan masyarakat. Sehingga keselamatan lalu lintas harus menjadi perhatian serius. Ramp Check dilakukan bersama Satlantas Polres Kediri Kota, Subdenpom Kota Kediri, UPT P3 Provinsi Jatim, Korsatpel TTA Tamanan, Jasa Raharja, dan BNN Kota Kediri.

Kegiatan dilakukan mulai pukul 08.30 WIB dengan melakukan pengecekan terhadap kendaraan angkutan umum yang melintas di Terminal Tamanan, meliputi pemeriksaan kelengkapan administrasi, pemeriksaan fisik kendaraan, serta pemeriksaan kompetensi dan kesehatan awak angkutan.

“Tadi saya lihat para sopir dan kru bus untuk di tes urinnya oleh BNN Kota Kediri. Supaya tahu kondisi kru seperti apa dan memastikan mengemudi tidak berada di bawah pengaruh narkoba. Ini merupakan upaya keseriusan dan komitmen bersama dalam mempersiapkan angkutan lebaran yang aman, lancar, dan nyaman bagi seluruh masyarakat,” urai Zanariah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO