Hardiknas 2024, Khofifah: Maksimalkan Merdeka Belajar, Siapkan Generasi Menuju Indonesia Emas 2045

Hardiknas 2024, Khofifah: Maksimalkan Merdeka Belajar, Siapkan Generasi Menuju Indonesia Emas 2045

SURABAYA, BANGSAONLINE.com Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024, mengajak seluruh insan pendidikan di Jawa Timur untuk merayakan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis, 2 Mei 2024, dengan semangat memaksimalkan implementasi Merdeka Belajar.

Tema 2024 adalah ‘Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar’. menekankan bahwa tema ini sangat relevan dan sejalan dengan ajaran dari Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewanatara, yang mengajarkan prinsip Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, .

Konsep Merdeka Belajar diyakini oleh mampu mencetak generasi masa depan yang tanggap dalam menghadapi tantangan zaman.

Dalam kondisi dunia yang sangat mengedepankan inovasi dan kreativitas, konsep Merdeka Belajar dalam kurikulum pendidikan menjadi sangat penting karena mengedepankan kemandirian.

"Konsep Merdeka Belajar tidak hanya membebaskan guru untuk berinovasi, tetapi juga memberdayakan siswa sebagai agen perubahan hingga menjadi problem solver yang mampu menjawab setiap tantangan yang ada di hadapan mereka," imbuhnya.

Dalam koridor kurikulum Merdeka, guru didorong untuk aktif dalam aktivitas pembelajaran, menggali minat dan bakat siswa, serta berpartisipasi dalam pembentukan lingkungan belajar yang inklusif dan beragam.

Siswa juga diajak untuk aktif mendorong kemandirian belajar, memperkuat keterampilan, dan meningkatkan daya saing mereka di berbagai aspek.

"Sistem pendidikan seperti ini jika diimplementasikan secara baik akan mampu membiasakan anak sejak dini untuk mandiri, berpikir kritis, menciptakan inovasi, hingga berani menginisasi sebuah kreativitas. Karakter seperti yang dibutuhkan dunia saat ini dan masa depan," tegas .

Selama memimpin Jawa Timur, telah membuktikan komitmennya dalam memaksimalkan implementasi kurikulum Merdeka.

Perempuan yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini juga menerima penghargaan dari Kemendikbudristek karena Jatim berhasil menjadi provinsi dengan jumlah sekolah terbanyak nasional yang sudah menerapkan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Dari total 4.157 lembaga SMA/SMK dan SLB di Jatim, 99% lembaga sekolah sudah menerapkan IKM. Hanya 48 lembaga yang belum melaksanakan IKM karena ada permasalahan akun.

Dengan jumlah ini Jatim juga menjadi provinsi terbanyak yang memanfaatkan akun belajar.id untuk mengakses kebutuhan kegiatan belajar mengajar.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO