Ditolak Warga, Anggota DPRD Gresik Minta Dewan Kebudayaan Kaji Thok-Thok Budaya Bawean apa Bukan

Ditolak Warga, Anggota DPRD Gresik Minta Dewan Kebudayaan Kaji Thok-Thok Budaya Bawean apa Bukan Musa, Anggota DPRD Gresik asal Bawean. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Anggota DPRD Gresik asal , Musa, merespons protes masyarakat Bawean terhadap unggahan Dewan Kebudayaan Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparekrafparbud) Gresik di laman Facebook (FB) dan Instagram (IG).

Unggahan itu tentang thok-thok sapi (aduan sapi) yang dikategorikan sebagai tradisi budaya Bawean dan obyek pemajuan kebudayaan asal Bawean.

"Kalau benar, Dewan Kebudaan Gresik yang berada di naungan disparekrafparbud akan menjadikan thok-thok atau aduan sapi menjadi budaya Bawean, jangan gegabah. Silakan dikaji mendalam, karena sangat menyinggung dan meresahkan masyarakat Bawean," ucap Musa saat dihubungi BANGSAONLINE.com, Kamis (16/5/2024).

Ia meminta dewan kebudayaan membuat kajian terlebih dulu dan melakukan penelitian, riset, untuk memastikan thok-thok merupakan budaya asal Bawean.

"Jangan terus tiba-tiba dimunculkan seperti itu, sehingga membuat warga yang menganggap thok-thok bukan budaya di Bawean menjadi gaduh," tutur anggota Fraksi Nasdem ini.

Ia meminta kepada Kepala Disparekrafparbud, Saifudin Ghozali dan Dewan Kebudayaan, turun ke masyarakat Bawean untuk memberikan penjelasan kepada mereka. Sebab, warga sangat resah.

Seperti diberitakan bangsaonline, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, masyarakat adat, telah melayangkan protes kepada dewan kebudayaan yang mengklaim thok-thok sebagai budaya Bawean.

Spanduk protes telah bermunculan dan dipasang warga Bawean di sejumlah tempat. Spanduk itu antara lain bertuliskan,"Jangan Hina Budaya Etnis Bawean dengan Kepentingan Politik Sesaat, permintaan maaf dengan materai 10.000 Dewan Kebudayaan Gresik bukan penyelesaian bagi keluhuran budaya Bawean". 

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO